Pemerintah Harus Tuntaskan Kasus Kematian TKI Asal NTT di Malaysia

Pemerintah Harus Tuntaskan Kasus Kematian TKI Asal NTT di Malaysia

Ist

SHNet, KUPANG – Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis meminta pemerintah  segera mengusut dan menuntaskan  kasus kematian Adelina Sau, TKI asal Desa Abi, Kecamatan Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT). Adelina Sau dilaporkan meninggal dunia di tempat kerjanya di Malaysia beberapa hari lalu.

Politisi Partai Gerindra itu merasa sangat kesal karena kematian Adelina merupakan kesekian kalinya korban meninggal dunia yang dialami TKI asal NTT yang bekerja di luar negeri. “Kali ini, adik Adelina yang meninggal di Malaysia, dan sesuai informasi sebelum meninggal dia disiksa oleh majikannya. Kondisi ini harus diambil langkah serius oleh Pemerintah Indonesia dan Pemerintah NTT, agar kasus kematian ini bisa diusut tuntas,” tegas Farry.

Kematian yang dialami Adelina sangat menyedihkan. Karena itu, pemerintah harus segera bersikap untuk mengecek dan menuntaskan kasus ini, sehingga kesan di masyarakat, ada langkah nyata yang dilakukan pemerintah dalam penanganan kasus ini.

Ia menegaskan, sangat disayangkan jika sampai saat ini belum ada tindakan apapun dari pemerintah. Pemerintah harus bersama rakyat, apapun kondisi yang dialami rakyat, pemerintah segera bersikap, apalgi meninggalnya di negara lain.

“Saya minta pemerintah untuk tidak melihat kematian TKI asal NTT ini karena kedatangannya ke Malaysia secara Ilegal. Hal yang paling utama adalah respon kemanusian pemerintah terkait meninggal warganya secara tidak wajar,” ujarnya.

Ia juga menilai kematian Adelina adalah masalah kemanusian, sehingga pemerintah harus me lihat ini secara serius. Jika kasus tersebut dibiarkan dan pelakunya tidak diproses maka tidak ada efek jera baik  calo TKI maupun majikan tenaga kerja. (Dis Amalo)