Patricia Terus Mendaki Jalan Menuju Ranking Golf Amatir Dunia

Patricia Terus Mendaki Jalan Menuju Ranking Golf Amatir Dunia

STRIKES - Patricia Walanda Sinolungan kite melakukan strikes an approach pada tahun lalu di Faldo Series Asia Grand Final. (Ist)

SHNet, JAKARTA – Pegolf cantik, Patricia Walanda Sinolungan menjadi sorotan di kejuaraan Faldo Series Indonesia edisi ke-11. Patricia merupakan salah satu pegolf wanita negeri ini yang diharapkan bisa terus bersinar.

Patricia pun menyadari kalau penampilan yang kuat di class usia 18 tahun dan penutupan musim dalam pertandingan Faldo Series Asia 2017-18 sangat penting bagi harapannya untuk masuk ke tim nasional Asian Games 2018 ini.

Berkat beberapa prestasi yang luar biasa selama 12 bulan terakhir, Patricia terus mendaki jalannya menuju R & A World Amateur Golf Ranking (WAGR).

Menghadapi pertandingan minggu ini dalam 54 hole turnamen Faldo Series Indonesia Damai Indah Golf – BSD Course, pemilik handicap satu ini sangat paham kalau posisinya yang bagus selama sebulan ke depan memberinya kesempatan untuk masuk ke dalam daftar WAGR Top 500 dan sekaligus, menekankan klaim atas dirinya untuk mengawali posisi yang didambakan di Asia, yang akan digelar di Jakarta pada Agustus mendatang.

Tujuan utamanya adalah menjadi pemenang di grup usianya pada pertandingan di Damai Indah  Golf. Dengan begitu dia akan berkesempatan untuk bertanding di Faldo Series Asia Grand Final ke-12, yang akan diselenggarakan oleh peraih enam kali Mayor Champion Sir Nick Faldo di Laguna Lăng Cô di Danny, Vietnam pada minggu pertama Maret nanti.

Jika ia masuk Grand Final, Patricia dapat memperbaiki posisi 12 yang diperolehnya di segmen Girls ‘Under-16 di Grand Final tahun lalu.

Ini akan menjadi puncak dua minggu yang menarik bersama Patricia di antara enam kontingen Indonesia yang akan mengikuti Kejuaraan Amatir Wanita Amatir Asia di Sentosa Golf Club Singapura, seminggu sebelum Faldo Series Asia Grand Final.

Juga ikut serta di Damai Indah, dan di lapangan elit di Singapura, yaitu Michela Tjan. Tahun lalu, pemilik  handicap 3 ini memenangkan kategori Girls ‘Under-21 Faldo Series Indonesia sebelum melanjutkannya meraih posisi runner-up di Grand Final di Vietnam.

Dengan tak adanya Jonathan Wijono dan Almay Rayhan minggu ini, pemain favorit kelompok Boys adalah Naraadjie Emerald Ramadhan.

Wijono, peraih posisi runner-up setelah Napat Paramacharoenroj yang berasal dari Thailand memenangkan pertandingan di Grand Final tahun lalu, sedang mengikuti ujian sekolah, sementara Rayhan, peraih juara Boys ‘Under-18 di Danang, sedang dalam kondisi kurang fit.

Naraadjie kalah dalam play-off dengan Wijono di Damai Indah Golf tahun lalu namun mendapat pengecualian khusus untuk Grand Final.

Mengikuti urutan hasil yang sangat baik dalam empat bulan terakhir, peringkat Naraadjie telah naik menjadi rangking 118 di WAGR, membuatnya menjadi pegolf pria asal Indonesia dengan peringkat teratas.

Setelah memenangkan Kejuaraan Amatir Nasional Indonesia November lalu dan menjadi satu-satunya amatir yang lolos cut di Asian Tour Indonesian Masters pada bulan Desember, Naraadjie menghabiskan bulan-bulan produktif di Australia di mana usaha terbaiknya adalah meraih tempat ketiga di turnamen ternama di Avondale Amateur.

Nick Faldo, Juara enam kali Major Champion, pegolf Inggris yang paling sukses, mengatakan, “Kami melihat penampilan yang hebat dari pegolf junior Indonesia di Grand Final tahun lalu. Jelas ada kekuatan yang besar pada yunior dan amatir di negara ini, yang merupakan tanda yang menggembirakan di masa depan,” katanya kepada media, Selasa (13/2).

Faldo Series Asia 2017-18 didukung oleh The R & A dan disahkan oleh Asian Tour dan Konfederasi Golf Asia Pasifik. International Junior Golf Academy adalah partner dari Faldo Series.

Selain dua kejuaraan di China dan Thailand, kejuaraan yang sama diadakan di Australia, Bangladesh, China-Taipei, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Nepal, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Singapura dan Vietnam.

Diakui sebagai satu-satunya seri amatir global untuk anak laki-laki dan perempuan, Faldo Series didirikan pada tahun 1996, dan berkembang ke Asia pada tahun 2006.

Saat ini, 40 turnamen Seri Faldo berlangsung di 30 negara di seluruh dunia, menggapai lebih dari 7.000 pegolf setiap tahunnya. Sang Juara yang sebelumnya termasuk Tseng Ya-ni dan Rory McIlroy, keduanya merupakan pemenang utama. (Nonnie Rering)