Melihat Kehidupan Bung Karno di Kampoeng We Be Ka

Melihat Kehidupan Bung Karno di Kampoeng We Be Ka

Beragam lukisan di sepanjang jalan Kampoeng We Be Ka. (Foto : Aunur Rofiq/Jatim TIMES)

SHNet, Jakarta- Bila berkunjung ke Blitar, Jawa Timur , jangan lupa mampir ke obyek wisata baru. Namanya Kampoeng We Be Ka.

Kampoeng We Be Ka kepanjangan dari Wisata Bung Karno ini terletak di Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Blitar. Lokasinya tidak jauh dari makam Presiden RI pertama Soekarno.

“Dua bulan ini saya sedang membangun Kampoeng We Be Ka yang berjarak 30 km dari Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad dengan konsep City Tour,” kata Ketua Tim 5 Kampoeng We Be Ka, Eko Wihadi kepada SHNet.

Seorang warga Kampoeng We Be Ka tengah melukis. (Foto : Aunur Rofiq/Jatim TIMES)

Apa yang menarik dari Kampoeng We Be Ka? Di kampung ini, para wisatawan dalam menyaksikan kehidupan Sang Proklamator sebagai manusia Indonesia dalam seni mural.

Wisatawan juga dapat mencicipi makanan favorit Bung Karno yaitu sayur lodeh atau jangan blendrang. “Si penjual makanannya juga akan mengenakan pakaian santai ala Bung Karno,” kata Eko. Menurutnya, saat santai lepas dinas, Sang Proklamator suka mengenakan kaus Lombok.

Salah satu penggagas berdirinya Desa Wisata Puspa Jagad ini menjelaskan, ide mendirikan Kampoeng We Be Ka bermula dari keprihatinan warga setempat karena banyaknya wisatawan yang berziarah ke makam Bung Karno, tetapi tidak memberikan dampak ekonomi bagi warga sekitar.

Tim 5 dari Kampoeng We Be Ka. (Foto : Aunur Rofiq/Jatim TIMES)

Wajah kampung pun dirubah. Dan tepat 3 Desember 2017 mulailah warga bersama Tim 5 sebagai konseptor memproklamasikan Kampoeng Webeka dengan goresan pertama melukis tembok-tembok sudut pemukiman itu.

Gambarnya pun beragam, ada gambar kupu-kupu, superhero hingga tukang becak. “Semua dilakukan oleh warga secara gotong royong. Mulai dari membeli cat hingga melukis tembok. Ternyata, banyak juga seniman di kampung kami,” ujar Eko.

Di sini, ada spot-spot untuk wisatawan berselfie ria. Eko Wihadi dan Tim 5 optimis Kampoeng We Be Ka menjadi obyek wisata baru yang kekinian di Blitar.

“Kami berharap dengan hadirnya kampung We Be Ka dapat memperbaiki kehidupan warganya menjadi lebih berwarna dengan peningkatan penghasilan penduduk sekitar,” paparnya. Ingat Bung Karno, ingat Kampoeng We Be Ka. (Stevani Elisabeth)