Kemenristekdikti Danai Flagship LPNK

Kemenristekdikti Danai Flagship LPNK

Ilustrasi/www.rollingconsulting.hu

SHNet, Jakarta– Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberikan bantuan pendanaan penelitian Flagship Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dalam program Insentif Penelitian Insinas 2018. Pendanaan tersebut merupakan bagian upaya untuk meningkatkan dan menguatkan LPNK.

Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan (Risbang) Kemenristekdikti Muhammad Dimyati dalam konferensi pers, Senin (12/2) mengharapkan, penetapan tema itu bisa membuat arah penelitian jelas. Dalam tiga tahun diharapkan lahir riset dan pengembangan yang siap di implentasikan.

Ia menegaskan, pada masa mendatang hasil-hasil riset tidak lagi hanya berhenti menjadi laporan, publikasi, paten, dan prototipe, namun harus menjadi suatu produk atau lisensi teknologi yang bisa direkomendasikan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Teknologi Industri (PTI) Hotmatua Daulay menyatakan, dengan skema seperti ini, riset akan sampai tahap implementasi. Selain itu, tidak ada tumpang tindih tema antara satu lembaga dengan yang lainnya.

Kelompok riset dan tema riset juga akan saling mendukung sebagai suatu kekuatan bersama yang menunjang guna tercapainya tujuan suatu penelitian. Ia menambahkan, penerima Program Insinas 2018 kali ini merupakan hasil seleksi dari proposal yang masuk pada gelombang pertama telah dilakukan pada akhir tahun 2017.

Dalam siaran pers Ditjen Risbang disebutkan sejumlah LPNK telah memilih tema Flagship. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memilih tema Pangan Fungsional Berbasis Sumber Daya Lokal. BPPT terkait Energi Baru Terbarukan Berbasis Bioenergi, BATAN memilih Desain Rinci Reaktor Daya Eksperimental (RDE), LAPAN memilih Pengideraan Jauh untuk Pemantulan Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

Adapun BSN memilih tema Pengembangan SNI untuk Mendukung Hasil Litbang Kesehatan, Pangan, Energi Nuklir, Panas Bumi, Pemantauan dan Sumber Daya Alam. Sedangkan BAPETEN memiliki tema Sistem dan Teknologi Pengawasan Istalasi dan Fasilitas Nuklir. (MP)