Kasus Penangkapan Kapal Asing Segera Disidangkan

Kasus Penangkapan Kapal Asing Segera Disidangkan

Ist

SHNet, KUPANG – Penyidik Pegawai Negeri Sipil  (PPNS) Kantor Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kupang telah melimpahkan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus pencurian ikan yang dilakukan oleh nelayan asing di perairan Nusa Tenggara Timur  (NTT) pada 29 November 2017 lalu.

Kepala Satuan Kerja PSDKP Kupang Mubarak mengatakan,  BAP tersebut telah dinyatakan lengkap (P21) sehingga telah dilimpahkan ke penyidik Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur.

“Jadwal sidang perdana kasus pencurian ikan yang melibatkan warga negara asing dengan menggunakan kapal China tersebut akan mulai disidangkan pada 14 Pebruari 2018 pekan depan di Pengadilan Negeri Kupang,” katanya di Kupang, Kamis (8/2).

Kapal Motor Fu Yuan Yu merupakan kapal penangkap ikan berbendera China dengan nomor lambung 831 dengan bobot 598 gross ton (GT) itu ditangkap oleh petugas PSDKP Kupang sekitar 10 mill laut dari batas laut antara Indonesia dengan negara Timor Leste di perairan laut Timor.

Berdasarkan data Automatic Identification System (AIS) atau sistem identifikasi otamatis yang mendata secara elektronik setiap aktifitas kapal, ternyata kapal berbendera China yang mempekerjakan 19 anak buah kapal tersebut sudah sembilan kali masuk ke wilayah perairan NTT sejak April 2017.

“Kapal tersebut sudah sembilan kali masuk ke wilayah NTT sejak April 2017 yang dipantau  melalui AIS,” kata Mubarak. (Dis Amalo)