Iniesta dan Messi Selamatkan Barcelona

Iniesta dan Messi Selamatkan Barcelona

Willian mencetak gol pertama bagi tuan rumah / chelseafc.com

SHNet, London – Sebuah kesalahan Andreas Christensen mengamankan bola harus dibayar mahal sehingga membuat Barcelona selamat dari kekalahan dan mampu menyamakan kedudukan 1-1 saat melawan Chelsea pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (21/2) dinihari WIB. Hasil tersebut memberi keuntungan bagi Barcelona yang akan menjamu The Blues di Camp Nou pertengahan Maret mendatang.

Bermain di Stamford Bridge pasukan Antonio Conte menerapkan strategi jitu dengan mematikan pergerakan Barcelona di sektor sayap dan memaksa mereka bermain lebih ke tengah di mana tuan rumah unggul dengan menempatkan lebih banyak pemain di area tersebut. Meski formasi yang dimainkan kedua tim tidak jauh berbeda yakni dengan empat gelandang di tengah, tapi Conte memberi ruang yang lebih luas bagi Willian dan Pedro Rodriguez sebagai penopang serangan untuk bergerak membantu lini tengah Chelsea, sementara Marcos Alonso dan Victor Moses sangat dinamis dalam bertahan maupun menyerang.

Kredit khusus diberikan kepada dua central midfielder tuan rumah, Cesc Fabregas dan Ngolo Kante yang sukses menghentikan playmaker berbahaya Blaugrana untuk menguasai bola lebih lama.

Tuan rumah mendapat peluang emas saat tembakan Willian menerpa mistar gawang di babak pertama, namun baru di menit 62 penempatan bola ke pojok bawah gawang Marc-Andre ter Stegen oleh pemain sayap Brasil itu membawa Chelsea unggul atas Barcelona.

Hingga menit ke 75 strategi Conte berjalan mulus dan membuat frustasi para pemain lawan hingga pergerakan telat Christensen menguasai bola dan menutup celah di pertahanan tuan rumah membuat Iniesta lolos dan langsung memberi umpan tarik kepada Messi yang segera menempatkan bola ke pojok bawah sehingga tidak dapat dijangkau kiper Thibaut Courtois.

“Kami telah sangat dekat untuk bermain sempurna, tapi satu kesalahan fatal membuat kami harus membayar mahal,”sesal Antonio Conte pasca pertandingan. “Melawan pemain seperti Messi, Iniesta, serta Suarez lalu Anda membuat satu kesalahan saja maka Anda harus membayarnya,” tambahnya.

Hingga peluit panjang dibunyikan agregat kedua tim menjadi 1-1, namun El Barca memiliki keuntungan saat menjamu Chelsea 15 Maret nanti di Camp Nou. Untuk lolos skuad Ernesto Valverde wajib menahan seri dan tidak boleh kebobolan lebih dari satu gol dari lawannya tersebut. (GP)