Dewan Stabilisasi Politik Dan Keamanan Nasional

Presiden Soeharto :

Dewan Stabilisasi Politik Dan Keamanan Nasional

Jakarta, 5 Februari 1974 – Presiden Soeharto dalam surat keputusannya hari Senin tanggal 4 Februari 1974 telah membentuk Dewan Stabilisasi Politik dan Keamanan Nasional dengan susunan Ketua Presiden Soeharto, Wakil Ketua Wakil Presiden Sultan Hamengkubuwono.

Anggota terdiri dari Menteri Hankam/Pangab, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kehakiman, Menteri Luar Negeri, Menteri Penerangan, Menteri Ekuin/Ketua Bapenas, Menteri Sekretaris Negara, Jaksa Agung, Sekjen Dewan Pertahanan Keamanan Nasional, Kepala Staf Kopkamtib dan Kepala Bakin.

Sidang terbatas soal Kesra
Dewan tersebut bertugas membahas masalah politik dan keamanan yang dihadapi, menetapkan kebijaksanaan serta mengendalikan pelaksanaannya sehingga dengan demikian kelancaran setiap usaha akan terjamin sebaik-baiknya.

Dewan Stabilsasi Politik dam Keamanan nasional tersebut akan bersidang secara periodik setiap bulan sekali atau sewaktu-waktu apabila dianggap perlu. Juga telah diputuskan bahwa sejak bulan Februari ini akan diadakan sidang kabinet terbatas yang khusus membahas soal kesejahteraan rakyat yang diadakan setiap bulan sekali.

Dengan demikian maka tiap bulannya pemerintah akan melangsungkan sidang-sidang yaitu sidang Dewan Stabilisasi Ekonomi tiap hari Selasa kesatu dan ketiga, satu kali sidang Dewan Stabilisasi Politik dan Keamanan Nasional pada hari Selasa kedua dan sidang kabinet terbatas mengenai kesejahteraan rakyat pada hari Selasa keempat tiap bulan. (SH)