Beras Bantuan Bencana Untuk NTT Cukup Tersedia

Beras Bantuan Bencana Untuk NTT Cukup Tersedia

SHNet, KUPANG – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan beras untuk bantuan bencana alam sebanyak 200 ton. Selain itu, setiap kabupaten/kota menyiapkan 100 ton beras untuk diberikan kepada warga di wilayah yang mengalami bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan bencana sosial lainnya.

Kepala Dinas Sosial NTT Willem Foni menjelaskan, distribusi beras bantuan bencana sosial atas permintaan pemerintah. Stok beras yang disediakan 100 ton untuk masing-masing kabupaten/kota dan 200 ton untuk provinsi setiap tahun, yang ditetapkan pemerintah pusat diluar pos bantuan lainnya.

“Beras untuk warga yang mengalami bencana alam cukup tersedia. Untuk kabupaten 100 ton dan provinsi 200 ton tapi berasnya masih ada karena tidak ada bencana alam. Memang ada tapi bencana yang kategori kecil dan ditangani pemerintah kabupaten/kota yang bersangkutan,” kata Willem di ruang kerjanya, Senin (5/2).

Masyarakat diharapkan agar memeberikan kepercayaan kepada pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten/kota melalui dinas sosial untuk melayani masyarakat jika dilanda bencana alam. Hingga saat ini, beras untuk warga yang dilanda bencana alam cukup tersedia dan tersimpan di gudang-gudang 22 kabupaten/kota. Beras tersebut disiapkan untuk diberikan kepada warga yang mengalami bencana alam.

“Untuk NTT, baik pemerintah provinsi maupun 22 kabupaten/kota selalu siap. Untuk provinsi disiapkan 200 ton dan kabupaten/kota siap 100 ton untuk bencana alam sehingga masyarakat diharapkan memberikan kepercayaan kepada pemerintah jika mengalami bencana alam,” harap Willem. (Dis Amalo)