Apa Saja Masalah dalam Tata Kelola Dana Desa?

Apa Saja Masalah dalam Tata Kelola Dana Desa?

SHNet, JAKARTA – Apa saja permasalahan dalam penyaluran, penggunaan dan tata kelola dana desa?

Gatot Darmasto, Deputi bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP, dalam rapat dengar pendapat dengan DPD, Selasa (6/2) mengungkap tiga hal.

Pertama, keterlambatan pelaporan penggunaan dana desa dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat. Keterlambatan ini karena ada perubahan syarat pelaporan dengan menyajikan output kegiatan dalam pecairan dana desa tahap kedua.

Kedua, ada keterlambatan penyaluran dana desa dari RKUD ke rekning kas desa. Keterlambatan ini karena ada keterlambatan penyusunan APBDes. Selain itu, kata Gatot, ada keterlambatan penyampaian laporan realisasi keuangan tahap sebelumnya dan regulasi di level pemerintah daerah banyak yang tidak siap.

Ketiga, efektivitas penggunaan dana desa yang tidak sesuai prioritas. “Penggunaan dana desa untuk kegiatan lain, tetapi dilaporkan sebagai kegiatan bidang pembangunan desa. Ada juga yang pekerjaan konstruksi yang seluruhnya dilakukan oleh pihak ketiga,” kata Gatot.

Di samping itu, dalam banyak kasus pencairan dana desa tidak didukung oleh bukti yang cukup. Banyak pengeluaran di luar APBD Desa dan sulit mencari pertanggungjawabannya. (IJ)