11 Peternakan Angin Terbesar dan Konstruksi Tenaga Angin untuk Mengurangi Jejak Karbon

11 Peternakan Angin Terbesar dan Konstruksi Tenaga Angin untuk Mengurangi Jejak Karbon

Ilustrasi /upcrenewables.com

SHNet, Texas – Umat manusia pada suatu saat tentu akan melihat ke belakang dan merenungkan apa yang telah kita lakukan terhadap dunia ini. Meningkatnya polusi dan kontaminasi telah membuat dunia yang kita diami ini sungguh menderita. Sudah saatnya kita beralih ke sumber energi terbarukan, yang tidak hanya menghasilkan energi dari alam yang tidak pernah habis tapi juga minim polusi. Salah satunya yang tersedia tak terbatas adalah angin.

Energi angin adalah salah satu jenis sumber energi terbarukan yang potensial untuk menghasilkan energi listrik maupun mekanik melalui proses konversi ke mekanik dan selanjutnya ke listrik. Energi kinetik yang terdapat pada angin dapat diubah menjadi energi mekanik untuk memutar peralatan (pompa piston, penggilingan, dan lain-lain). Sementara itu, pengolahan selanjutnya dari energi mekanik yaitu untuk memutar generator yang dapat menghasilkan listrik. Syukurlah, negara-negara di seluruh dunia telah menyadari tujuan bersama ini, sekarang, telah banyak peternakan angin besar yang dibangun untuk memanfaatkan energi angin yang amat sayang jika tidak digunakan.

Indonesia sendiri sudah mulai mengembangkan proyek ini, dengan yang terbaru berada di Sidrap, Sulawasi Selatan dengan kapasitas 75 MW akan beroperasi awal tahun ini. Berikut adalah beberapa peternakan angin di darat dan lepas pantai terbesar yang membuat perbedaan signifikan dalam mengurangi jejak emisi karbon. (HNP)

>>> Gansu, Tiongkok