Yang-Mills and Mass Gap

7 Millenium Problems

Yang-Mills and Mass Gap

ilustrasi / ist

SHNet, Peterborough – 7 Millenium Problems pertama kali disusun oleh Clay Mathematics Institute (CMI) pada tahun 2000, merupakan tujuh soal matematika yang paling sulit, dan masing-masing soal yang dipecahkan mempunyai hadiah yang bernilai $ 1 Juta. Salah satu dari 7 soal The Millenium Problesm sudah dipecahkan, namun sisanya masih membutuhkan solusi, dan mungkin saja Anda dapat memecahkannya. Berikut satu dari enam problem tersebut,

Baca juga: Pecahkan Salah Satu 6 Problem Utama Matematika ini akan Dapat US$1 Juta

Yang-Mills dan Mass Gap
Yang-Mills Existence and Mass Gap adalah masalah yang belum terpecahkan dan salah satu dari tujuh Milenium Problems yang ditetapkan oleh Clay Mathematics Institute (CMI), yang menawarkan hadiah sebesar US$ 1.000.000 kepada orang yang dapat menyelesaikannya.

Masalahnya diungkapkan sebagai berikut:

“Yang-Mills Existence and Mass Gap. Buktikan bahwa untuk setiap kelompok pengukur sederhana G, teori Kuantum Yang-Mills yang tidak biasa terdapat pada R 4 {\ displaystyle \ mathbb {R} ^ {4}} \ mathbb {R} ^ {4} dan memiliki celah massa Δ> 0. Eksistensinya mencakup pembentukan sifat aksiomatik sekurang-kurangnya sekuat yang dikutip di Streater & Wightman (1964), Osterwalder & Schrader (1973) dan Osterwalder & Schrader (1975).”

Mekanika kuantum adalah salah satu teori paling sukses dalam sejarah, memungkinkan kita untuk memahami perilaku materi dan energi pada tingkat partikel atom dan subatomik. Yang dan Mills memberikan kerangka penting untuk menggambarkan partikel elementer ini dengan menggunakan struktur matematis, dan teori ini memainkan peran penting dalam teori partikel tingkat dasar.

Teori YM telah diverifikasi lewat banyak eksperimen, namun hasilnya belum jelas bagi lembaga CMI. Teori tersebut mengemukakan bahwa partikel kuantum memiliki massa positif yang didefinisikan oleh “celah massa” untuk menggambarkan interaksi partikel elementer. Dengan kata lain, partikel tidak bisa menjadi nol massa bahkan ketika partikel-partikel itu analog dengan foton tanpa massa.

Kesenjangan massa (mass gap) merupakan bagian penting untuk menjelaskan mengapa kekuatan nuklir sangat kuat dan mendekati jarak pendek dibandingkan dengan elektromagnetisme dan gravitasi. Hal ini telah ditemukan oleh fisikawan melalui eksperimen dan divalidasi dengan simulasi komputer. Jadi Millennium Problem adalah bagaimana membangun teori matematika dan fisika umum untuk menjelaskan kesenjangan massa. (HNP)