Tentang “Peristiwa 15 Januari”

Aspri Preseiden Ali Moertopo

Tentang “Peristiwa 15 Januari”

Jakarta, 22 Januari 1974 – Aspri Preisden Mayjen Ali Moertopo menandaskan bahwa peristiwa 15 Januari di Jakarta yang berwujud tindakan liar dan pengrusakan yang dikutuk dan dicela oleh masyarakat “jelas adalah subeversi dan menjurus kepada makar”.

Dalam wawancara pers Senin siang Mayjen Ali Moertopo mengungkapkan bahwa pemriksaan serta hasil interogasi membuktikan adanya kehendak merubah UUD 45 dan menggulingkan pimpinan nasional yang sah.

Kepada petugas keamanan ASpri Presiden berseru untuk bertindak tegas dan teliti. “Bagaimana pun juga unsur subversi tidak bisa kita tolerir dan harus dihancurkan”, demikian Mayjen Ali Moertopo.

Kepada para mahasiswa diserukan agar segera mengadakan pembersihan ke dalam kalangan mahasiswa sendiri, sehingga bisa dicegah penunggangan lebih lanjut oleh pemimpin gadungan dan unsur luar serta subeversi insurgensi.

Mengenai unsur yang mendalangi peristiwa di Jakarta itu, diterangkan bahwa arsiteknya jelas adalah oknum Ex. PSI dan ditunggangi oleh oknum Ex. Masyumi.

Ditambahkan, sekarang pengusutan memang masih terus dijalankan tetapi sudah dapat dilihat bahwa orang yang ditangkap pemerintah sampai sekarang ini adalah dari kedua unsur itu. (Ant)