Tanam Kelor untuk Perbaikan Gizi

Tanam Kelor untuk Perbaikan Gizi

Ist

SHNet, BANDUNG – Kelor sudah menjadi bagian penting dalam ilmu pengetahuan pangan dunia. Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa bahkan sudah merekomendasikan tanaman bernama Latin Moringa Oleifera ini sebagai pohon dengan manfaat daun yang tinggi untuk gizi manusia, terutama balita dan ibu menyusui.

Sadar akan hal tersebut,  Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jawa Barat membantu keluarga petani di Desa Citaman, Kecamatan Nagrek, Kabupaten Bandung.  GenBI adalah komunitas Mahasiswa terdiri dari beberapa kampus, Instititut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjararan (UNPAD), Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) penerima program beasiswa dari Bank Indonesia.

Dengan program “West Java Development Project”, Sabtu, 23 Desember 2017 lalu, mereka mendistribusikan 300 bibit Kelor yang didapat dari Grup Pertanian Tanaman Obat Cimenyan (Taoci), Yayasan Odesa Indonesia Bandung.  Sebelum dilakukan kegiatan lapangan penanaman bibit kelor, pada acara tersebut diadakan kegiatan sosialisasi gizi, kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam daun kelor. Tujuan kegiatan ini adalah menyiapkan generasi emas 2045 dan dapat meraih jendela keberkahan dalam bonus demografi.

“Kegiatan ini banyak membantu warga di sini, ke depannya daun kelor ini akan dibudidayakan oleh Kelompok Wanita Tani Desa Citaman” kata Ibu Sri, seorang pegiat Kelompok Wanita Tani di Kantor Desa Citaman.

Menurut Ibu Sri, pohon Kelor sejauh ini masih dikenal oleh warga sekitar Nagrek sebagai pohon mistis yang fungsinya menangkal makhluk halus. Masih ada banyak warga yang tidak mengenal manfaat budidaya Kelor sebagai perbaikan pangan. Dengan model sosialisasi ini harapan Ibu Sri masyarakat bisa lebih mengenal manfaat gizi tinggi dari Kelor.

Sementara Kepala Desa Citaman, Adang Andri menambahkan, hasil panen daun kelor nantinya akan dimanfaatkan untuk warga sekitar dan menjadikan Desa Citaman sebagai Desa Kelor. Selain kegiatan pembagian bibit kelor, pada acara tersebut juga diadakan kegiatan sosial cek kesehatan gratis dan bersih-bersih sungai. (odesa.id)