Semua Bakal Calon Gubernur NTT Memenuhi Syarat Pendaftaran

Semua Bakal Calon Gubernur NTT Memenuhi Syarat Pendaftaran

Ist

SHNet, KUPANG –Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT), Maryanti Adoe menjelaskan empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur memenuhi syarat perolehan kursi di DPRD NTT yakni 13 kursi. Sesuai dengan aturan maka yang berhak mengajukan calon gubernur dan wakil gubernur adalah partai yang memperoleh kursi di DPRD. Sedangkan partai yang tidak memperoleh kursi (non seat) tidak berhak mengajukan bakal calon, dan hanya sebagai partai pendukung pasangan bakal calon.

“KPU membuka masa pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur selama tiga hari yakni dari 8-10 Januari 2018. Ada empat pasangan bakal calon yang sudah mendaftar di KPU dan sekarang sudah masuk tahap pemeriksaan kesehatan di RSUD W.Z Yohanes Kupang,” kata Maryanti, Rabu (10/1).

Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Esthon L. Foenay-Christian Rotok (Esthon-Chris) diusung ole Partai Gerindra yang memilik delapan kursi dan PAN lima kursi. Sehingga total 13 kursi dan memenuhi syarat pendaftaran di KPU. Pasangan Benny K. Harman-Benny A. Litelnoni (Harmoni) diusung oleh Partai Demokrat yang memiliki delapan kursi, PKPI tiga kursi, dan PKS dua kursi sehingga totalnya 13 kursi. Pasangan Marianus Sae-Emmilia Nomleni (Marianus-Emmi) diusung PDIP 10 kursi dan PKB lima kursi, sehingga totalnya 15 kursi.

Sementara pasangan Vikror Bungtilu Laiskodat-Joseph Nae Soi (Victory-Joseph) adalah bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTT yang memiliki kursi terbanyak yakni Partai NasDem delapan kursi, Golkar 11 kursi, dan Hanura lima kursi. Sehingga totalnya 24 kursi.

Maryanti menyampaikan KPU akan melakukan verifikasi bakal calon mulai dari 10-16 Februari 2018. Jika ditemukan kekurangan berkas maka KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu memberikan waktu untuk perbaikan dokumen. Pada saat pendaftaran, bakal calon wakil gubernur Benny A. Litelnoni masih kekurangan lima dokumen, namun KPU memberikan kesempatan untuk perbaikan dan tim penghubung sudah melengkapi kekurangan tersebut.

“Empat pasangan bakal calon gubernur memenuhi syarat pendaftaran dan saat ini mereka sedang mengikuti tahapan proses selanjutnya. KPU akan melakukan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada 12 Februari 2018. Sedangkan pengundian nomor urut pasangan calon pada 13 Februari 2018,” jelasnya.(Dis Amalo)