Ormas Tani Ikut Nilai Proyek Pelita Pertanian

Ormas Tani Ikut Nilai Proyek Pelita Pertanian

Jakarta, 4 Januari 1971 – Sekjen Departemen Pertanian Drs. Mashud Wisnusaputra, dalam pertemuan dengan Badan Kerjasama Ormas Tani Pusat tanggal 3 Januari 1971 di ruang kerjanya menyatakan bahwa untuk lebih meningkatkan partisipasi Ormas Tani dalam mensukseskan program pelaksanaan Pelita mulai awal tahun 1971 ini, waktu Ormas Tani akan diajak serta dalam penilaian proyek Pelita bidang pertanian.
Dengan demikian diharapkan proyek pertanian akan lebih berhasil dan lebih mendorong produktifitas kerja bagi seluruh aparat yang langsung bertugas dalam proyek tersebut.

Dalam triwulan pertama tahun ini Departemen Pertanian sedang mengkonsentrasikan seluruh kegiatannya untuk menyelesaikan proyek pertanian yang telah direncanakan sesuai dengan DIP tahun 1970, oleh karena itu diharapkan pengertian dan kerjasama dari seluruh Ormas Tani agar saling bahu-membahu dengan pemerintah sehingga program pembangunan itu dapat berhasil sesuai dengan rencana dan waktu yang telah ditetapkan.

Menampung tenaga
Menyinggung tentang kemungkinan penyaluran tenaga kerja ke proyek pertanian dalam mengatasi masalah pengangguran yang makin meningkat. Sekjen menjelaskan bahwa dengan dilaksanakan Pelita secara konsekwen, masalah pengangguran akan dapat diselesaikan secara berangsur.

Suatu realita, kata Mashud bahwa proyek pertanian sekarang ini adalah yang paling besar memberikan kesempatan bagi penampungan tenaga, baik yang berhasil tetap maupun yang temporer misalnya dibidang rehabilitasi pengairan dan sebagainya. Sedang kemungkinan lain dalam penyaluran tenaga kerja adalah pembukaan areal perkebunan baru, walaupun diakui bahwa perluasan areal itu akan memerlukan investasi yang cukup besar. (Ant)