Mengenal Lebih Jauh Aplikasi WhatsApp Business

Mengenal Lebih Jauh Aplikasi WhatsApp Business

ilustrasi / indianexpress.com

SHNet, Mountain View – Perusahaan pengembangan aplikasi messenger terkemuka, WhatsApp beberapa hari lalu (19/1) secara resmi meluncurkan aplikasi Bisnis WhatsApp yang terpisah untuk dunia usaha bisnis kecil. Aplikasi baru tersebut saat ini telah tersedia untuk diunduh dari Google Play di negara tertentu termasuk Indonesia, Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat. Selanjutnya aplikasi pesan lintas platform ini ini juga akan diluncurkan di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang.

WhatsApp Inc mengatakan bahwa aplikasi baru ini akan memudahkan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan mereka, dan juga akan memudahkan pengguna 1,3 miliar pengguna WhatsApp untuk ngobrol langsung dengan pilihan bisnis mereka.

Perusahaan tersebut telah mengumumkan pada bulan September tahun lalu mengenai rencananya untuk mengenalkan perangkat WhatsApp yang spesifik untuk perusahaan kecil dan juga solusi usaha bagi perusahaan besar. Sementara perusahaan memang memiliki rencana untuk mengembangkan bisnis yang lebih besar di masa depan, aplikasi tersebut hadir gratis saat ini untuk dunia usaha kecil.

WhatsApp Business hadir dengan beberapa fitur utama yang memungkinkan bisnis secara resmi mewakili diri mereka sendiri dalam layanan WhatsApp. Sama seperti Facebook Page, aplikasi ini memiliki fitur Business Profiles dimana pelanggan bisa mendapatkan informasi bermanfaat tentang bisnis seperti email, website atau rincian bisnis secara singkat.

Akun bisnis dapat disiapkan menggunakan nomor ponsel dan juga nomor telepon rumah. Pemegang akun hanya perlu memilih opsi “hubungi saya” untuk verifikasi jika terjadi sambungan telepon rumah. Terlepas dari fitur WhatsApp yang biasa, aplikasi baru ini mencakup alat pesan cerdas seperti balasan cepat yang dapat membantu bisnis merespons dengan cepat permintaan pelanggan biasa.

Pesan otomatis ucapan salam dan pesan dari jauh, bisnis tentu dapat mengatur waktu respons yang lebih cepat, mirip dengan fitur yang ada di Facebook untuk bisnis.

Bisnis WhatsApp juga dilengkapi dengan statistik perpesanan yang ada untuk meninjau kinerja pesan yang dikirim melalui metrik sederhana. Akun bisnis akan tercantum secara jelas berbeda dari akun WhatsApp pengguna biasa, yang akan membantu pengguna mengetahui bahwa mereka sedang berbicara bisnis. Selain itu, aplikasi ini juga dapat diakses melalui desktop komputer lewat WhatsApp Web, yang selanjutnya akan membantu bisnis berinteraksi secara efisien dengan pelanggan / klien.

WhatsApp Inc juga menyebutkan dalam pengumuman mereka bahwa beberapa bisnis akan memiliki Confirmed Accounts dari waktu ke waktu, setelah nomor telepon terdaftar di akun sesuai dengan nomor telepon bisnis. Akun yang dikonfirmasi mungkin akan mendapatkan tanda pengenal hijau di sebelah nama mereka untuk dipertimbangkan sebagai akun terverifikasi. Fitur itu sudah diuji oleh WhatsApp dalam program percontohan mereka yang baru saja berakhir. (HNP)