Melakukan Pengawasan Di Bidang Perdagangan, Polri Lakukan MoU Menteri Perdagangan

Melakukan Pengawasan Di Bidang Perdagangan, Polri Lakukan MoU Menteri Perdagangan

SHNet,Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bersama dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menandatangani nota kesepahaman dalam penegakkan hukum, pengawasan dan pengamanan di bidang perdagangan.

“Pelaksanaan penandatanganan MoU ini bertujuan untuk mewujudkan kerja sama yang sinergis antara Polri dan Kemendag dalam melaksanakan kegiatan penegakkan hukum, pengawasan, dan pengamanan di bidang perdagangan, ” kata
Jenderal Tito di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (8/1/2018).

Menurut Tito, untuk mewujudkan iklim yang baik dalam sektor perdagangan, harus didukung dengan stabilitas politik, keamanan dan ekonomi.
Untuk itu, Tito menegaskan kesiapan jajarannya dalam mendukung sektor perdagangan untuk menunjang perekonomian Indonesia.

“Yang diperlukan adalah langkah konkret dalam pelaksanaan pengawasan dan penegakan hukum yang hasilnya dapat segera dirasakan masyarakat, termasuk pelaku usaha dan konsumen, ” katanya.

Melalui nota kesepahaman ini, Polri dan Kemendag bersepakat untuk saling mendukung dalam menyelesaikan tanggung jawab penegakkan hukum, pengawasan dan pengamanan perdagangan sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini meliputi koordinasi kegiatan dalam bidang pertukaran data dan informasi, penegakan hukum, pengawasan, pengamanan, dan peningkatan kemampuan SDM.

Dalam melaksanakan penegakan hukum dan pengawasan, Tito mengatakan Polri bersepakat untuk memberikan dukungan kepada Kemendag berupa bantuan taktis, teknis, upaya paksa, dan konsultasi.(MH)