Jelang Pilgub Maluku, SANTUN Masih Teratas Dalam Tiap Survey

Jelang Pilgub Maluku, SANTUN Masih Teratas Dalam Tiap Survey

KUAT - Rata-rata warga Maluku berpendapat Said Assagaff (kiri) dan pasangannya Andre Rentanubun masih cukup kuat untuk kembali memenangkan pertarungan Pilgub kali ini. (Ist)

SHNet, JAKARTA – Tiga pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan bertarung dalam momen penting Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku 2018 nanti punya peluang sama menang.

Tapi, pasangan incumbent, Said Assagaf dan Andre Rentanubun (SANTUN) tampaknya masih yang terkuat dalam beberapa survey terkini.

Menurut Direktur Lembaga Survey Media (LSM) Riset Strategi Bedah Nusantara, Steve Palyama yang dihubungi SHNet, Rabu (17/1) malam, tiga paslon Said-Rentanubun (SANTUN), Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) dan Murad Ismail-Barnabas Orno (Baileo) tetap berpeluang sama meraih kursi nomor satu di Maluku dalam Pilgub, Juni 2018 nanti.

”Pihak kami sudah mensurvey sembilan balon gubernur serta sepuluh balon wakil gubernur dan hasil yang kami dapati hanya tiga Pasangan bakal calon yang lolos,” kata Steve.

Tapi, paslon incumbent Assagaff dan Rentanubun memang masih tetap yang teratas dari setiap survey. Dari segment presentasi dikenal dan disukai, hasilnya adalah Said Assagaff dikenal sebanyak 94,58%, Herman Koedoeboen dikenal sebanyak 77, 25 % dan disukai sebanyak 75,12% dan Murad Ismail menempati posisi terakhir dengan 61, 25% dan 81,96%.

Dari sisi Elektabilitas kandidat Gubernur Maluku, Masing-masing paslon memperoleh data berdasarkan elektabilitas Bakal Calon Gubernur diantaranya, Said Assagaf 40,07% , Herman Koedoeboen 29,05%, Murad Ismail dengan 14,17% dan yang belum menentukan 16,72%.

Penilaian serupa juga pada pada Paslon wakil gubernur diantaranya Andreas Rentanubun dikenal 71,90% dan disukai 77,91% , Abdullah Vanath dikenal 89,22 % disukai 85, 67% dan Barnabas Orno 70,11% di sukai 79, 81%.

Pada tingkat elektabilitas, Andreas Rentanubun 15,21 %,Abdullah Vanath 39,16%, Barnabbas Orno 21,17 % dan yang belum menentukan mencapai 24,46%.

Menurut Steve, pada segment Pasangan Calon didapati Presentasi hasil yang diterima keseluruhan ketiga Paslon tersebut rata-ratanya, Paslon (Said- Andre) SANTUN meraih 39,16% , (Murad-Abas) Baileo 19,17% , dan Pasangan (Herman-Vanat) HEBAT 31,48% dan yang belum menentukan pilihan 10,19%.

Rata-rata warga Maluku yang sempat ditemui SHNet juga berpendapat Assagaff masih cukup kuat untuk kembali memenangkan pertarungan Pilkada kali ini.

Meski begitu, salah satu pengurus GAMKI Maluku yang tak mau disebutkan namanya mengatakan kalau Pilkada Maluku sangat dinamis sehingga tak pantas untuk berandai-andai. “Sebaiknya menunggu sampai penetapan calon pada Februari nanti,” ujarnya.  (Nonnie Rering)