Di pilgub Ini Bawaslu Akan Fungsikan Gakkumdu

Di pilgub Ini Bawaslu Akan Fungsikan Gakkumdu

SHNet, Jakarta- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengatakan bahwa fungsi Sentra Gakkumdu (Sentra Penegakkan Hukum Terpadu) tidak akan tumpang tindih dengan Satgas Politik Uang bila satgas tersebut terbentuk.

“Tidak ada tumpang tindih,” kata Abhan usai menemui Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

        
Pasalnya yang bertugas menyisir terjadinya politik yang dalam Pilkada adalah Satgas Politik Uang. Kemudian bila ditemukan kasus politik uang, maka kasus tersebut dilaporkan ke Sentra Gakkumdu untuk diproses lebih lanjut.

Kembali dikatakan Abhan, Sentra Gakkumdu akan berkoordinasi dengan Satgas Politik Uang dalam menjalankan fungsinya masing-masing.

“Satgas dan Sentra Gakkumdu nanti saling berkoordinasi,” katanya.

Oleh karenanya, Abhan mendukung wacana pembentukkan Satgas Politik Uang.

Seperti diketahui, sentra Gakkumdu sebelumnya telah dibentuk untuk menegakkan pidana, administrasi, dan memberantas politik uang dalam Pilkada. Sentra Gakkumdu diisi oleh perwakilan tiga institusi, yakni Bawaslu, Polri, dan Kejaksaan Agung.

Sedangkan Satgas Politik Uang akan dibentuk untuk mengawasi dan mencegah terjadinya permainan politik uang dalam rangkaian Pilkada Serentak 2018.

Semebtara itu dalam kesempatan terpisah, Kapolri Tito Karnavian mengatakan, satgas ini akan membantu KPK dalam menindak praktik korupsi yang terjadi saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Polri kini masih terus menggodok komposisi yang tepat dalam wacana pembentukan Satgas Politik Uang. (MH)