Baturraden Tetap Jadi Primadona Pariwisata Kabupaten Banyumas

Baturraden Tetap Jadi Primadona Pariwisata Kabupaten Banyumas

Lokawisata Baturraden tetap jadi primadona pariwisata Kabupaten Banyumas. (Ist)

SHNet, Jakarta- Berkunjung ke Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tak lengkap rasanya kalau tidak menginjakan kaki di Baturraden.

Lokawisata yang terletak di sebelah selatan kaki Gunung Slamet ini memiliki panorama alam yang indah yang berhawa sejuk.

Inilah yang membuat Baturraden banyak dikunjungi wisatawan baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman). Baturraden tetap jadi primadona pariwisata Kabupaten Banyumas.

“Alhamdulilah pariwisata di Kabupaten Banyumas sudah banyak peningkatan baik jumlah pendapatan maupun jumlah pengunjungnya. Lokawisata Baturraden , destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan,” ujar Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Saptono kepada SHNet, di Jakarta, Jumat (12/1).

Ia menjelaskan, jumlah wisnus yang datang ke Banyumas pada 2017 mencapai lebih dari 1,2 juta orang. Hal ini jelas mendatangkan pemasukan bagi daerah. Tahun 2017, sektor pariwisata Kabupaten Banyumas menyumbangkan lebih dari Rp 10 milyar untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tahun ini, lanjut Saptono, pihaknya akan fokus pada strategi promosi pariwisata melalui media sosial (medsos), pengembangan daya tarik obyek wisata yang terbarukan, peningkatan pelayanan kepada wisatawan, penataan parkir, peningkatan SDM Kepariwisataan, sertifikasi jasa usaha pariwisata (hotel/rumah makan), serta peningkatan infrastruktur.

“Target kunjungan wisatawan ke Banyumas pada 2018 adalah 1.250.000 orang baik wisnus maupun wisman. Target kunjungan wisman ke Banyumas sekitar 8.000 orang,” ungkap Saptono.

Banyumas tidak hanya punya destinasi wisata Baturraden. Kabupaten ini juga memiliki destinasi wisata lain yang tak kalah menarik Taman Balekemambang, Taman Rekreasi Andang Pangrenan, small word, Bukit Tranggulasih, Curug Song / Bukit Mbulu, Curug Telu, Curug Ceheng, Pancuran 7, Dreamland,dan Curug Cipendok. (Stevani Elisabeth)