TKW Asal NTT Meninggal di Malaysia

TKW Asal NTT Meninggal di Malaysia

Ist

SHNet, KUPANG – Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Oelkuku, Desa Kuimasa, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Adel Sovia Mbura Mesah, meninggal dunia di Malaysia, Kamis (14/12).

Kepala BP3TKI NTT, Tato Tirang mengemukakan sampai saat ini jenasah Adel masih di Malaysia. Adel adalah TKW yang dikirim oleh seorang calo di Oesao bernama Eli Kapaitan yang juga diketahui orang tuanya. Dengan meninggalnya Adel Sovia Mbura Mesah, maka TKW/TKI yang meninggal di luar negeri sebanyak 61 orang. Dari 61 orang itu, yang direkrut secara legal hanya satu orang saja, sedangkan yang lainnya diberangkat secara ilegal oleh calo atau mafia TKI.

“Ya benar (TKA asal NTT meninggal di Malaysia) jenasahnya masi di Malaysia. Dia dikirim oleh Eli Kapaitan calo di Oesao dan juga sepengetahuan orang tuanya. Jadi posisi yang meninggal sekarang sudah 61 orang dan yang berangkat legal satu orang, yang lainnya berangkat secara ilegal oleh calo atau mafia TKI,” kata Tato kepada SHNet di Kupang, Kamis (21/12).

Informasi meninggalnya Adel diketahui keluarganya melalui rekannya bernama Erni Pandie dan Marlince Sanu melalui sambungan telepon yang menginformasikan kalau korban meninggal dengan diagnosa diduga mengalami serangan jantung sehingga nyawanya tak tertolong di rumah sakit.

Sudah lima tahun Adel bekerja di Malaysia yang direkrut oleh PT Malindo pada tanggal 1 April 2012. Soleman, suami Adel menyampaikan  bahwa awalnya almarhumah pergi dengan izin yang jelas melalui perekrutan PT Malindo, namun karena kontrak selesai dan tidak cukup dana untuk kembali sehingga korban masih bekerja mengumpulkan biaya untuk pulang ke Indonesia. (Dis Amalo)