Tetap Produktif di Usia Lansia

Tetap Produktif di Usia Lansia

Para ibu ini menampilakn senam sehat dalam acara penganugrahan penghargaan rekor MURI untuk 10.000 terstimoni kenyamanan menggunakan popok dewasa Confidence, di Jakarta. (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Jakarta- Usia senior atau yang sering disebut dengan lanjut usia (lansia) memang kerap diasosiasikan dengan kondisi jompo dan sangat tua, padahal dalam kenyataannya tidak seperti itu.

Head of Marketing Adult Care PT Softex Indonesia Nirma Sofiawati mengatakan, memang tidak bisa dipungkiri bahwa pada usia senior, kemampuan fisik dan pikiran seseorang akan menurun.

“Tapi bukan berarti para senior ini tidak dapat berkarya di usia senja mereka, bahkan tak jarang para senior ini masih memiliki kesempatan dan tetap serius bekerja semaksimal mungkin,” ujar Nirma dalam kampanye edukasi “Untuk Orang Tua Berikanlah yang Terbaik”, di Jakarta, kemarin. Acara ini sekaligus ada penghargaan rekor MURI untuk 10.000 testimoni kenyamanan pemakaian popok dewasa Confidence.

Dia berharap, para senior dapat memanfaatkan usianya untuk melakukan berbagai aktifitas positif yang belum sempat dilakukan di usia produktif.

Terkait popok dewasa, lanjut Nirma, orang sering beranggapan bahwa popok dewasa itu hanya digunakan oleh lansia atau mereka yang menderita sakit. “ Popok dewasa ini juga bisa digunakan oleh orang yang masih aktif misalnya mereka yang melakukan perjalanan jauh, mereka yang tidak bisa menahan buang air kecil, umroh dan sebagainya,” lanjut dia.

Hal ini juga diakui oleh Penyanyi Senior Dewi Yul. Pelantun lagu “Jangan Ada Dusta Diantara Kita” ini mengaku sering menggunakan popok dewasa bila sedang ada tugas ke daerah-daerah.

“Saya memang orangnya agak rewel kalau lihat toilet yang tidak bersih. Apalagi sekarang ini kegiatan saya manggung ke daerah sampai ke daerah terpencil karena diundang oleh calon bupati atau calon gubernur. Kalau toiletnya kurang bersih, saya tidak jadi buang air kecil. Daripada saya tahan pipis, saya menggunakan popok dewasa. Nanti kalau sampai hotel, baru saya ganti,” papar Dewi. (Stevani Elisabeth)