Snorkeling di Nusa Penida, Bali, Aman!

Snorkeling di Nusa Penida, Bali, Aman!

Para pelancong yang mengunjungi Pulau Bali melakukan aktivitas snorkeling di Gamat Bay, Nusa Penida, Sabtu (9/12). Foto oleh I Wayan Sudiarta. [SHNet/Ist]

SHNet, Jakarta – Siang ini, teman-teman dari Nusa Penida, Bali, mengabarkan, rombongan pelancong masih relatif banyak yang menyambangi Pulau Dewata ini. Mereka mengatakan para wisatawan masih mengunjungi tempat-tempat wisata, terutama di daerah yang dinyatakan pihak berwenang, berada di zona aman dari erupsi Gunung Agung.

“Nusa Penida aman untuk dikunjungi,” ujar Wayan Sudiarta menginformasikan dari Bali.

“Kemarin, saya mengantar rombongan tamu untuk snorkeling di Gamat Beach,” kabarnya, Sabtu (9/12) sore.

Tono, seorang pemilik biro perjalanan di Bali mengatakan hal senada. Lelaki yang biasa disapa dengan panggilan Bli Tono ini mengabarkan bahwa Bali masih aman untuk berwisata, apalagi untuk tujuan Nusa Penida.

“Bali masih aman untuk wisata,” ujarnya.

Beberapa waktu sebelumnya, di tengah maraknya berita-berita menyesatkan (hoax) yang beredar soal kondisi Gunung Agung di Bali, Bli Tono meyakinkan, bahwa kenyataannya, sebagian besar kawasan Bali masih aman untuk dikunjungi wisatawan. Ia mencontohkan salah satu daerah tujuan wisata yang tergolong masih aman untuk dikunjungi pelancong. Daerah wisata yang dimaksudnya itu adalah Nusa Penida.

Bagi penyuka pemandangan bawah laut, paling tidak, ada tiga titik kawasan yang asyik untuk dikunjungi wisatawan yang ke Nusa Penida. Kawasan tersebut adalah Crystal Bay, Gamat Bay, dan Manta Point. Kendati ada sejumlah tempat berwisata menarik lainnya di Pulau ini, bagi para penyuka aktivitas snorkeling dan menyelam (diving), dijamin bakal menyesal bila berkunjung ke Nusa Penida, tetapi tidak mampir ke ketiga lokasi wisata ini.

“Jangan melewatkan satu pun dari ketiganya. Oleh karena itu, siapkan waktu yang cukup saat mengunjungi Pulau ini,” pesan Niluh Suniyanti, seorang pemandu wisata saat menunggu speedboad yang akan membawa kami menyeberang dari Pantai Sanur ke Pulau Nusa Penida awal November 2017 lalu.

Crystal Bay
Sesuai namanya, air laut di Crystal Bay relatif bening. Permukaannya kerap tampak berpendar bagaikan kristal, terutama saat tersentuh oleh kilau sinar matahari. Pantai yang dikelilingi bukit-bukit hijau ini akan memanjakan Anda dengan pemandangan yang menyemburkan ketenangan, kesejukan, sekaligus kekokohan.

Pantai di tempat ini dibentengi tebing-tebing karang yang eksotik. Pemandangan ini yang membuat Crystal Bay menjadi tempat yang cocok bagi mereka yang ingin melarikan diri dari rutinitas pekerjaan sehari-hari untuk menikmati embusan angin pantai yang membuai.

I will visit this place again. It’s very beautiful,” kata Swati Jain, pelancong asal India yang baru pertama kali berkunjung ke Nusa Penida.

Menurutnya, pemandangan bawah air di pantai ini mempesona, dan membuat dirinya ingin kembali mengunjungi tempat ini.

“Saya menyukai tempat ini,” katanya beberapa kali sesaat setelah dirinya melakukan snorkeling di salah satu titik di kawasan Crystal Bay. (whm)