Shakhtar Kirim Napoli ke Liga Europa

Shakhtar Kirim Napoli ke Liga Europa

shakhtar.com

SHNet, Donetsk – Dua gol dari Bernard dan Ismaily hingga menit akhir permainan meruntuhkan keteguhan Napoli untuk bersaing ke babak 16 besar Liga Champions. Meski lawannya Manchester City sempat memperkecil kedudukan melalui penalti Sergio Aguero namun itu sudah cukup mengantarkan Shakhtar mendampingi The Citizen sebagai wakil dari grup F.

Shakhtar Donetsk unggul 2-1 sementara di waktu yang sama, Kamis (7/12) dinihari WIB, Napoli harus rela berlaga di Liga Europa karena kalah 1-2 dari tuan rumah Feyenoord.

Di Rotterdam, Piotr Zielinski membuka asa Napoli untuk lolos usai gol cepatnya di menit ke-2 membobol gawang Kenneth Vermeer. Tapi di laga lainnya pasukan Paulo Fonseca tetap bermain tenang menghadapi peringkat teratas grup yang sudah memastikan diri lolos. Bermain dengan didukung penuh suporter mereka di stadion Metalist, Bernard akhirnya membuka keunggulan tuan rumah di menit 26 sebelum digandakan Ismaily enam menit kemudian.

Hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan lolos, tuan rumah melancarkan serangan bergelombang untuk meladeni permainan agresif skuad Guardiola saat Bernard melepaskan tendangan melengkung luar biasa dari jarak 15 meter melewati penjaga rekan senegaranya Ederson.

Ismaily menambah keunggulan The Pitman enam menit kemudian, memanfaatkan kesalahan Ederson dan menghukumnya memanfaatkan umpan panjang Marlos dan mengarahkannya ke gawang yang kosong. Keunggulan yang bertahan hingga menit terakhir sebelum Aguero memperkecil kedudukan.

Tapi itu sudah cukup mematahkan semangat I Partenopei yang harus kebobolan di menit 33 lewat gol Nicolai Joergensen sehingga membuat skor imbang 1-1. Bahkan meski bermain dengan 10 orang sejak menit 83, Feyenoord malah mendapatkan gol kedua mereka untuk memetik kemenangan pertama di grup ini.

Manchester City, yang mengalami kekalahan pertama mereka musim ini dalam semua ajang kompetisi, tetap menempati posisi puncak dengan 15 poin, tiga angka lebih banyak dari Shakhtar dan unggul sembilan poin di depan tim urutan ketiga Napoli yang harus rela bermain di Liga Europa.

Undian babak 16 besar akan dilakukan di Nyon, Swiss, pada hari Senin malam waktu setermpat dan pemuncak klasemen Premier League itu akan memimpin lima tim Inggris lainnya di babak sistem gugur, yakni Liverpool, Manchester United, Chelsea dan Tottenham Hotspur yang juga memastikan diri lolos. (GP)