Red Star Akhiri Penantian 26 Tahun untuk Unjuk Gigi di Kompetisi Eropa

Red Star Akhiri Penantian 26 Tahun untuk Unjuk Gigi di Kompetisi Eropa

crvenazvezdafk.com

SHNet, Belgrade – Mantan juara Piala Eropa, Red Star Belgrade berhasil lolos dari paruh musim dingin untuk pertama kalinya di kompetisi Eropa dalam 26 tahun usai kemenangan kandang 1-0 atas FC Cologne, Jumat (8/12). Bermain di stadion Rajko Mitic, klub yang kini dikenal dengan nama lokalnya FK Crvena Zvezda memastikan diri melaju ke babak gugur Liga Europa.

Red Star, yang pernah memenangkan kompetisi klub elit Eropa pada tahun 1991 dan meraih runner-up di Piala Super Eropa tahun itu, berada di posisi kedua di Grup H di belakang Arsenal yang menang telak 6-0 atas juara Belarusia, BATE Borisov.

Kegagalan lebih dari seperempat abad di kompetisi Eropa berjalan seiring dengan masalah keuangan yang menimpa klub tersebut berakhir di depan kerumunan 52.000 penonton yang memadati stadion Rajko Mitic setelah pemain depan Slavoljub Srnic mencetak gol tunggal pada menit ke-22.

Srnic memperdaya kiper Cologne Timo Horn dengan tembakan tajam dari jarak 10 meter setelah gelandang Nenad Krsticic melepaskan umpan terobosan kepada Milan Rodic yang memperdaya bek Cologne sehingga bek kiri itu mengirim assist ke jantung kotak penalti lawan.

Namun laga tersebut tidak berjalan mudah bagi skuad Vladan Milojevic, karena Red Star harus bertahan mati-matian di babak kedua saat tim tamu memberi tekanan deras ke pertahanan mereka tapi akhirnya para pendukung tuan rumah mulai merayakan kegembiraan dengan serangkaian kembang api setelah peluit akhir dibunyikan wasit.

Pertandingan  dimainkan di bawah keamanan ketat di tengah kekhawatiran akan kekerasan setelah 5.000 penggemar Cologne tiba di ibukota Serbia itu, untungnya situasi dapat terkendali dan tidak ada kerumunan orang yang meresahkan, meskipun ada serentetan tembakan flare oleh kedua pendukung tim. (GP)