Rakyat Kalimantan Utara Tentukan Hancur Tidaknya “Malaysia”

Rakyat Kalimantan Utara Tentukan Hancur Tidaknya “Malaysia”

Bandung, 21 Desember 1963 – Yang menentukan bisa hancur tidaknya apa yang disebut “Malaysia” itu adalah rakyat Kalimantan Utara dan rakyat Malaya itu sendiri, sedang kita hanya membantu mereka, demikian dikatakan oleh Menteri/Pangad Mayor Jenderal Jani Sabtu siang di depan para mahasiswa dan sejumlah anggota AD diaula Unpad di Bandung.

Mengenai kekuatan pertahanan Indonesia diperbatasan Kalimantan Utara digambarkan oleh Menteri/Pangad Jani dengan disebutkannya bahwa penduduk Kalimantan Utara suku Iban, memandang tentara kita sebagai “tentara dari langit”, karena mereka telah menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana kekuatan tentara kita sewaktu berhadapan dengan Inggris di daerah tersebut.

Dalam pada itu Menteri/Pangad Jani menyebutkan, bahwa mudah-mudahan persoalan Malaysia ini bisa diselesaikan tanpa pertumpahan darah.

Tetapi, kata Menteri/Pangad Jani seterusnya apabila toh hal tidak kita inginkan itu terjadi insya allah tentara kita akan melaksanakan tugasnya dengan baik. Dalam hal ini kata Jani, rakyat Indonesia tidak perlu khawatir. (Ant)