Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Melalui Media Sosial

Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Melalui Media Sosial

 

SHNet, Jakarta – Polisi masih menunggu korban penipuan yang dilakuka  oleh tersangka Nathan (34), yang ditangkap  polisi karena telah melakuka  penipuan. Salah satu korban penipuan, seorang wanita yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dari hasil pemeriksaan,  ada 10 wanita yang menjadi korban ‘Don Juan’ asal Jember, Jawa Timur ini.

“Kalau yang melaporkan baru satu orang, korbannya seorang wanita PNS di Jakarta. Tapi data yang kita kumpulkan sudah ada 10 orang perempuan lainnya yang menjadi korbannya juga,” kata Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Antonius Agus kepada SHNet, Jumat (8/12/2017).

Menurut Antonius.Agus, Nathan ditangkap setelah korban–sebut saja Mawar–melaporkan dirinya atas pencurian 1 unit mobil Honda Brio ke Polda Metro Jaya. Dia ditangkap di Cirebon, Jawa Barat pada tanggal 23 November 2017 lalu.

“Dia kami tangkap di rumah calon korban berikutnya,” imbuh Agus.

Nathan mengincar korban lewat media sosial Tinder. Dia berkenalan dan bertukar nomor telepon dengan korban, hingga komunikasi terus berjalan intens.

“Korban dijanjikan mau dinikahi, sehingga korban terbujuk rayu dan memeberikan harta benda kepada pelaku,” lanjutnya.

Mawar sendiri dikenalnya lewat Tinder. Setelah saling berkomunikasi via WhatsApp, Mawar dan pelaku janjian untuk ketemuan.

“Pelaku jauh-jauh dari Jember ke Jakarta untuk menemui korban,” sambung Agus.

Tiga hari seteleh kedatangannta ke Jakarta pada Agustus 2017, Mawar memberinya kepercayaan untuk menemudikan mobilnya. Mawar memintanya untuk mengantar-jemputnya dari rumahnya di Bogor ke Jakarta oleh pelaku dengan menggunakan mobilnya itu.

“Tetapi tiga hari setelah dikasih kepercayaan membawa mobil korban, pelaku malah melarikannya,” tutur Agus.

Alhasil, Nathan pun kemudian diciuduk polisi di Cirebon, Jawa Barat. Dari tangan Nathan, polisi menyita mobil Brio milik korban berikut sejumlah benda klenik. (MH)