Mensos Resmikan Monumen Patung Pahlawan Nasional Moestopo

Mensos Resmikan Monumen Patung Pahlawan Nasional Moestopo

Monumen Prof Dr Moestopo menjadi destinasi wisata sejarah di Kabupaten Kediri. (Ist)

SHNet, Kediri- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meresmikan monumen patung pahlawan nasional Prof. Dr. Moestopo di Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri.

Monumen ini dibangun dan didedikasikan untuk Prof. Dr Moestopo. Khofifah berharap monumen tersebut dapat menjadi destinasi wisata baru Kabupaten Kediri.

“Monumen ini bisa menjadi ikon sejarah bagi Kabupaten Kediri dan sangat layak menjadi destinasi wisata baru karena punya daya tarik tersendiri,” imbuhnya.

Khofifah mengatakan banyak lokasi sejarah yang menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari rentetan perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia. Tidak terkecuali di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Khofifah menjelaskan, monumen tersebut dibangun di Kecamatan Ngadiluwih lantaran Prof Dr Moestopo lahir di daerah tersebut. Prof Dr Moestopo adalah pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur dan juga seorang tokoh militer PETA, dokter gigi dan akademisi yang membidani lahirnya Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama).

“Monumen ini menjadi pengingat perjuangan yang telah dilakukan para pendahulu bangsa. Dengan mengenal mereka, kita akan berupaya mencari tahu seperti apa sosoknya sehingga bisa memetik pelajaran dari apa yang telah dilakukan untuk nusa dan bangsa,” imbuhnya. (Stevani Elisabeth)