KPPPA Mempromosikan Batik dan Tenun di Katumbiri Expo 2017

KPPPA Mempromosikan Batik dan Tenun di Katumbiri Expo 2017

Menteri pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise saat membuka Katumbiri Expo 2017, di Jakarta Convention Center, Rabu (6/12). (Dok. Humas KPPPA)

SHNet, Jakarta- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) untuk ketujuh kalinya menggelar Katumbiri Expo, pameran yang menampilkan produk-produk ekonomi kreatif karya perempuan-perempuan Indonesia.

Dengan mengusung tema “Optimalisasi Peranan perempuan dalam Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Menuju Kesetaraan”, Katumbiri Expo tahun ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 6-10 Desember 2017.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas KPPPA dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan di bidang ekonomi.

“Perempuan Indonesia saat ini sudah banyak kemajuan dengan terbukanya kesempatan dan akses yang sama untuk berperan di segala bidang kehidupan dan pembangunan. Melalui Katumbiri Expo inilah kemajuan karya-karya perempuan Indonesia diperlihatkan, dimana potensi mereka telah memberikan warna dalam pembangunan dan kemajuan Indonesia,” papar Menteri Yohana.

Dia mengatakan, Katumbiri Expo tahun ini mempromosikan batik dan tenun hasil karya perempuan-perempuan hebat Indonesia yang menjadi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).. Ada 250 Industri Rumahan (IR) binaan KPPPA jadi peserta di pameran tersebut.

Menurutnya, batik dan tenun merupakan produk yang berbasis kearifan lokal. Selain itu, batik dan tenun juga merupakan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. “Pameran ini juga dapat menjadi pembuka akses bagi perempuan kreatif untuk mendapatkan informasi, perkembangan pasar dan ikut berperan dalam pembangunan,” ujarnya. (Stevani Elisabeth)