Kemenpar Bakal Buat 100 Destinasi Digital Tahun Depan

Kemenpar Bakal Buat 100 Destinasi Digital Tahun Depan

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan keterangan kepada wartawan di sela-sela Rakornas Pariwisata IV-2017, di Jakarta, Selasa (12/12). (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Jakarta- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bakal membuat 100 destinasi digital tahun depan.

“Tahun depan, kami akan membuat 100 destinasi digital dan ini bagus untuk hidupkan satu area tertentu serta bisa dipromosikan ke luar negeri,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya di sela-sela Rakornas Pariwisata IV-2017: Visit Wonderful Indonesia 2018, di Jakarta, Selasa (12/12).

Dia mengatakan, saat ini sudah ada 7 destinasi digital di Indonesia, antara lain Pasar Karetan (Semarang), Bababunut (Palembang) dan Kaki Langit (Yogyakarta). Menurutnya, destinasi digital banyak digemari wisatawan khususnya generasi milenial.

Mengapa? Menpar mengatakan, destinasi digital tersebut memenuhi satu kebutuhan generasi millenial yakni kebutuhan untuk diakui.

“Mereka ini paling senang selfie. Mereka selfie dulu baru dikirim ke media sosial seperti facebook dan instagram. Terkadang destinasi aslinya tidak seindah dengan foto-foto mereka,” ujarnya.

Deputi Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti menambahkan, Kemenpar menggerakan Generasi Pesona Indonesia atau generasi millenial untuk gencar melakukan promosi digitalisasi.

“Generasi Pesona Indonesia saat ini ada di 16 provinsi. Upaya mereka mempromosikan pariwisata secara digital sangat efektif dan dampaknya luar biasa,” kata Esthy. (Stevani Elisabeth)