Kapolri, Kejahatan Mengalami Penurunan Namun Barang Bukti Narkoba Meningkat

Kapolri, Kejahatan Mengalami Penurunan Namun Barang Bukti Narkoba Meningkat

SHNet, Jakarta – Tahun 2017 jumlah kejahatan yang ditangani oleh Polri secara keseluruhan, mengalami penurunan sebanyak 23 persen, dari 380.826 kejadian pada tahun 2016. Sedangkan pada tahun 2017 ini, jumlah kejahatan menurun menjadi 291.748.kasus.

Hal ini dijelaskan oleh Kapolri Jenderal.Pol.Tito Karnavian kepada wartawan dalam rilis akhir tahun di gedung Rupatama, Mabes Polri.

“Di tahun 2017 ini jumlah perkara juga mengalami penurunan penyelesaian kasus, sekitar 21 persen dari 229.120 perkara dan menjadi 181.448 perkara,” kata Kapolri Tito Karnavian.

Kembali dikatakan oleh mantan Kapolda Papua ini, kejahatan konvensional menjaditurin 27 persen sedangkan kejahatan transnasional turun secara drastis menjadi 5 persen.

” Namun sangat di sayangkan terhadap kejahatan kekayaan negara yang naik menjadi 12 persen . Dan penyidik kami kini tengah menyelesaikan kasus kejahatan kekayaan negara ini,” paparnya lagi.

Sementara itu lanjut Tito lagi, sepanjang tahun 2017 ini ada penurinan kasus kejahatan konfensional seperti curat,curanmor, penipuan penggelatan dan curas.

“Hal uang beda denngan kejahatan penganiayaan disertai pemberatan mengalami peningkatan,” katanya lagi.

Kejahatan Narkoba

Di tahun 2017 ini Polri telah memberikan tindakan tegas terhadap para bandar narkoba. Tindakan keras ini berupa tembak mati, ini dibuktikan dengan ditembaknya para bandar narkoba sebanyak 55 pelaku narkoba.

” 55 pelaku narkoba yang ditembak mati ini, 46 adalah WNI dan 9 WNA. Para bandar yang merusak anak bangsa ini, memang pantas di tembak mati,” tegas Jenderal bintang empat ini lagi.

Dengan adanya perintah tembak mati bagi para bandar narkoba ini, tegas Tito lagi jumlah perkara dan penyelesaian kejahatan narkoba mengalami penurunan.

“Namun barang bukti yang berhasil kita sita terjadi peningkatan, berupa ganja , ekstasi dan shabu. Salah satu yang menonjol sepanjang tahun 2017 ini adalah, terungkapnya.shabu sebanyak 1 ton di Banten. Dan barang bukti narkoba ini, kemaren telah di musnakan,” ujar Kapolri lagi. (MH)