ISRI Apresiasi Program CPPBT PT dari Kemenristekdikti

ISRI Apresiasi Program CPPBT PT dari Kemenristekdikti

Dokumentasi: ISRI

SHNet, Jakarta – Giri Nurpribadi, STP, MM, Ketua LPPM STT Pelita Bangsa sekaligus LO STT Pelita Bangsa menyambut baik upaya Hilirisasi Inovasi Riset melalui Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi dari Perguruan Tinggi (CPPBT PT) yang disosialisasikan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, pada Senin (18/12/2017).

Giri yang juga Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pengurus Nasional (DPN) Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) mengatakan, “ISRI sebagai organisasi cendikiawan yang berhaluan nasionalis berdasarkan Pancasila menyambut baik upaya pemerintah dalam hal ini Kemenristekdikti dalam menumbuhkembangkan jiwa wirausaha sebagai upaya  mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan bangsa. Program yang dapat diikuti mahasiswa dan dosen sebagai inovator riset disambut positif, dan hal inilah yang menjadi tantangan untuk generasi digital dan milenial saat ini.”

Program CPPBT PT yaitu  Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi dari Perguruan Tinggi merupakan kebijakan Kemeristekdikti berupa pendanaan untuk mengembangkan produk inovasi teknologi melalui program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi dari Perguruan Tinggi (CPPBTPT) yang diluncurkan sejak tahun 2016.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk menumbuhkembangkan Calon PPBT dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dalam pengembangan dan mendorong hasil inovasi dari Perguruan Tinggi kearah hilirisasi dan komersialisasi. Program ini diperuntukkan bagi dosen dan/atau mahasiswa, sebagai bagian dari pengembangan jiwa kewirausahaan di Perguruan Tinggi.

Giri mengatakan bahwa riset bukanlah ide dan gagasan  yang dilakukan oleh para peneliti, dosen dan Mahasiswa hanya berdasarkan aspek teoritis saja, namun diharapkan dapat bermanfaat buat masyarakat dan komunitas pemerhati Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Ia menambahkan, hasil riset yang diawali pada suatu permodelan yang berupa prototype tersebut merupakan suatu upaya nyata untuk melakukan implementasi dari kajian menyeluruh mengenai kebutuhan masyarakat, penentuan penerapan praktis ilmu sebagai target tahap pertama dari program CPPBT PT.

Tahap kedua diharapkan proposal yang lulus uji dengan para inovator yang merancang prototype tersebut memasuki tahap PPBT PT, yaitu perusahaan pemula berbasis teknologi dari perguruan tinggi dapat menemukan wirausahawan yang bersedia memproduksi prototype tersebut sehingga bernilai komersial, kemudian kemanfaatan dan kelayakan dari upaya hilirisasi inovasi riset dapat ditemukan manfaatnya.

“Berbagai prototype tersebut meliputi produk pangan, produk teknik informasi dan komunikasi, produk energi, produk material maju, produk pertahanan dan keamanan, produk transportasi, produk bahan baku dan produk kesehatan dan obat,” ungkapnya. (*SR)