Indonesia Ha Ha Hi Hi, Pesta Kartun Akhir Tahun 2017

Indonesia Ha Ha Hi Hi, Pesta Kartun Akhir Tahun 2017

PILKADA DKI" karya Pramono R mantan wartawan dan kartunis Harian Umum Sinar Harapan yang dipampang di Taman Ismail Marzuki

SHNet, Jakarta – Penghujung akhir tahun 2017 menjadi momen penting bagi para kartunis yang tergabung dalam Persatuan Kartunis Indonesia (PAKARTI) menggelar Pesta Kartun Akhir Tahun 2017 yang bertema “Indonesia Ha Ha Hi Hi” di Taman Ismail Marzuki.

Jan Praba, Ketua Umum PAKARTI mengatakan bahwa Pesta Kartun 2017 ini ingin menyuguhkan karya terbaik dari para kartunis Indonesia atas fenomena dan gejolak politik yang terjadi di Indonesia beberapa tahun belakangan ini.

“Gonjang-ganjing dunia politik Indonesia yang makin memanas akhir-akhir ini dan maraknya pejabat yang korup, elite politik yang berebut kekuasaan atau isu SARA, isu kebhinekaan bahkan terror Bom adalah pemicu kreatifitas kami untuk menghasilkan karya kartun yang cerdas dan mendidik serta tidak berpihak pada kepentingan politik tertentu, “ tuturnya.

Menurutnya, moment ini diharapkan mampu memberikan kesejahteraan bagi para kartunisnya atau lebih tepatnya dapat mencetak enterpreuner muda dalam bidang kartun atau ‘kartunpreunership’. Hal ini seiring dengan program pemerintah yang tengah menggalakkan pemberdayaan ekonomi kreatif, dimana kartun bisa menjadi pemberdayaan ekonomi melalui jalur kreatif.

Pramono R.P wartawan sekaligus kartunis di Harian Umum Sinar Harapan era 70-an juga terlibat dalam pameran ini dengan menampilkan kartun “PILKADA DKI” dan “PILPRES”. Sebelumnya Si “Keong” adalah karikatur ciptaannya yang memberi warna pada Harian Umum Sinar Harapan. Segudang prestasi dan penghargaan juga pernah diraihnya, mulai dari menjuarai kompetisi karikatur Nasional sampai lomba kartun dan karikatur Internasional. Tahun 1982, Pramono diundang mewakili kartunis Asia Pasifik dalam Pertemuan Kartunis Internasional di Tokyo, Jepang, yang diselenggarakan oleh Asahi Shimbun (surat kabar terkemuka di Jepang).

“PILPRES” karya Pramono R di Pesta Kartun Akhir Tahun 2017

Para kartunis yang ambil bagian dalam pameran ini adalah para kartunis terbaik se-Indonesia dan banyak yang mempunyai prestasi Internasional. Nama-nama kartunis yang terlibat adalah: Pramono R. Pamoedjo, Dwi Koendoro, Koesnan Hoesie, Non_O, JItet Koestana, Joko Luwarso, Itok Isdianto, Roseem, Beng Rahadian, Thomdean, IFoed, Wahyu Kokkang, Gom Tobing, Furqon, Didie SW, Sabariman, Dien Yodha, Sungging Priyanto, Den Dede, Amoeng Bungsu, Jiwenk, Hendriques, Toni Malakian, Apat, Jajak Solo, Jango Pramartha, Johan Pakarso, Bambang Setyadi, A. Munir, Akademi Samali, Wawan Bastian, Indra Kusumah dan Jan Praba. Selain itu, ada juga nama-nama kartunis perempuan Indonesia seperti: Putri Saraswati, Ika W. Burhan, dan Ambar Pratiwi.

PAKARTI atau Persatuan Kartunis Indonesia adalah sebuah organisasi yang mewadahi aktivitas kesenian para kartunis Indonesia. Lewat wadah ini para kartunis tergerak untuk ‘menyikapi secara cerdas dan berimbang’ setiap fenomena yang terjadi di Indonesia maupun dunia lewat karya kartun yang bermutu dan mengundang senyum.

Pesta Kartun Akhir Tahun 2017 ini dibuka pada tanggal 8 lalu dan rencananya akan berlangsung sampai dengan 18 Desember 2017. Beberapa event akan mewarnai agenda pameran, diantaranya Workshop Digital Karikatur, Workshop Comic/Strip, Workshop Editorial Cartoon, dan Workshop Gag Cartoon. (Ida)