Yuk, Ke Pekan Sinema Sang Akar!

Yuk, Ke Pekan Sinema Sang Akar!

Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid menandatangai Piagam Peluncuran Sang Akar Institute (SAI) dan Sinema Sang Akar pada Ulang Tahun Ke-23 YAAI, Rabu (22/11).

SHNet, Jakarta – Apakah Anda ingin menonton film-film karya kreatif kawula muda? Bila ya, ini dia, ada Pekan Sinema Sang Akar. Pada Pekan Sinema Sang Akar ini selama sepekan, yakni pada 21-27 November 2017, kita bisa menonton sejumlah film pendek setiap harinya.

Pekan Sinema Sang Akar diinisiasi oleh Sang Akar Institute (SAI). SAI sendiri merupakan institusi baru buah karya Yayasan Anak Akar Indonesia (YAAI), yang selama ini populer juga dengan sebutan Sanggar Anak Akar. Rektor SAI, Ibe Karyanto mengatakan bahwa Pekan Sinema Sang Akar dalam bentuk kegiatan pemutaran film. Kegiatan tersebut menurut Ibe dipilih karena film bisa membangkitkan compassion, mulai dari si pembuat film hingga ke diri penonton.

“Film digemari banyak orang karena setiap peristiwa bisa direkam secara audiovisual. Efeknya sangat besar dalam mewujudkan perubahan sosial di masyarakat kita. Film juga merupakan media kampanya yang efektif oleh pembuat film kepada penonton, untuk menumbuhkan compassion terutama di kalangan anak muda, agar mereka sadar dan mau terlibat dalam kerja-kerja perubahan, sekecil apa pun geraknya,” kata Ibe.

Berikut ini daftar film yag akan diputar di Sinema Sang Akar.
1.Turah (Wicaksono Wisnu Legowo), 21 November 2017, pukul 19.00
2. Prenjak & Wregas Bhanuteja Films, 22 November 2017, 19.00
3.Sebelum Pagi Terulang Kembali (Lasja F Susatyo), 23 November, 19.00
4.Balik Jakarta & Jason Iskandar Films, 24 November, 19.00
5.Istirahatlah Kata-Kata (Yosep Anggie), 25 November, 19.00
6.Mbok & Heirosay Films, 26 November, 19.00
7.Siti (Eddie Cahyono), 27 November, 19.00

Ibe menjelaskan, film-film yang diputar merupakan produksi kelompok komunitas yang memiliki pernyataan dan sikap yang tegas terhadap fenomena sosial dan sekitarnya yang menjadi perhatian publik. Ibe mengharapkan, kegiatan ini menjadi ruang belajar bersama untuk mengembangkan proses kerja pendidikan kritis melalui seni yang telah berjalan selama 23 tahun.

Rektor Sang Akar Institute (SAI), Ibe Karyanto memberikan sambutan pada Ulang Tahun Ke-23 YAAI, di Studio Akar, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (22/11).

SAI sendiri menurut Ibe merupakan sebuah lembaga pendidikan alternatif untuk kaum muda yang bergerak di bidang pelatihan, riset, dan pendidikan kritis dengan menggunakan media film, fotogfrafi, musik dan penulisan kreatif.

Alamat Sinema Sang Akar: Jl. Tebet Dalam 1 No.22 Tebet, Jakarta Selatan. Telepon 021 – 83709039, Kontak CS 082178785600. (whm).