Usul Naik Pangkat Pegawai Pakai NIP

Mulai 1 April 1975

Usul Naik Pangkat Pegawai Pakai NIP

2 Juta Pegawai Didaftar Ulang

Jakarta, 6 November 1973 – Menteri Negara Penertiban Aparatur Negara, JB. Sumarlin mengatakan bahwa pendaftaran pegawai negeri sipil akan diadakan untuk seluruh Indonesia pada bulan Maret 1974.

demikian Menpan dalam jumpa pers Selasa pagi yang seterusnya menjelaskan bahwa pendaftaran itu diperlukan untuk mengatur suatu tata usaha kepegawaian dengan sistem yang serasi, tertib, teratur dan terpelihara secara terus-menerus. Sehingga data kepegawaian yang diperlukan dapat dengan mudah ditemukan bila diperlukan.

Untuk mendapatkan data kepegawaian dimaksud, demikian Menpan Sumarlin, satu-satunya cara adalah mengadakan pendaftaran ulang pegawai negeri sipil secara menyeluruh.
Menpan menjelaskan bahwa penyusunan tata usaha kepegawaian yang tertib dan teratur ini adalah dalam rangka usaha meningkatkan pembinaan pegawai negeri sipil berdasarkan sistem karir dan sistem prestasi kerja.

Jumlah pegawai negeri sipil yang akan didaftar ulang diperkirakan sebanyak 2.000.000 orang.
Pendaftaran ulang pegawai negeri sipil tersebut yang didasarkan pada Keputusan Presiden No. 27 tahun 1973 dan Keputusan Menpan No. 49 tahun 1973 dipimpin Menpan sendiri.

Sedang penyelenggaraan pendaftaran dilaksanakan tim pendaftaran ulang yang diketuai Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) AE. Manihuruk dimana pada masing-masing instansi dibentuk suatu tim tim pelaksana. (SH)