Uji Adrenalinmu di Hutan Pinus Desa Wisata Nglinggo

Uji Adrenalinmu di Hutan Pinus Desa Wisata Nglinggo

Uji adrenalin dengan offroad di hutan pinus Desa Wisata Nglinggo. (Dok.Forwapar)

SHNet, Yogyakarta – Obyek wisata di Yogyakarta, tidak hanya Malioboro, Candi Prambanan, Merapi dan keraton. Di daerah ini menyimpan segudang destinasi wisata yang indah.

Salah satunya di Kabupaten Kulonprogo. Terletak di sebelah barat Yogyakarta, Kulonprogo memiliki 40 destinasi wisata baik alam, budaya maupun kuliner. Bagi kamu yang suka adventure, bisa uji adrenalinmu dengan offroad di hutan pinus Desa Wisata Nglinggo.

Dari pusat kota Yogyakarta ke Desa Wisata Nglinggo, para wisatawan bisa menggunakan taksi online atau menyewa mobil di rental dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Desa wisata ini berada di perbukitan Menoreh. Karena letaknya di daerah perbukitan, maka jalan yang dilewati juga punya sensasi tersendiri.

Perbukitan menjadi kontur wilayah yang dominan di sana. Nglinggo Adventure Hill selaku operator off road di Rimbono Homestay, tidak ingin membiarkan berkah alam yang diberi Tuhan tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Awalnya tahun 2014, track-nya itu tidak untuk wisata, hanya untuk senang-senang saja. Kebutulan banyak tamu yang menginap ingin mencoba dan akhirnya mereka menyebarkan via sosial media. Sampai akhirnya resmi diperuntukan untuk wisata sejak 2015,” ujar Melkey Binaro, Pemilik Rimbono Homestay.

Terdapat dua macam off road yang di tawarkan, Fun Off Road yaitu off road mengelilingi tempat wisata atau semacam safari. Off Road jenis ini tergolong menyenangkan dan belum memacu adrenalin. Yang kedua, ada Extream Off Road yaitu menjelajahi alam melalui area off road yang disediakan. Off Road jenis ini dikatakan extream karena sangat memacu adrenalin.

Melkey yang juga berperan selaku, Koordinator Pemasaran Desa Wisata Nglinngo mempunyai paketan menarik untuk menikmati alam Nglinggo menggunakan Jeep. Paket Jeep dibagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari yang terpendenk hingga seharian offroad di hutan.

Ada empat rute yang dimiliki, rute pendek dengan ke Bukit Ngisis, lalu nikmati kebun teh hanya Rp200 ribu per jeep yang berisi 3 orang. Rute sedang jarak tempuh selama 2-4 jam, kisaran harga Rp500 ribu. Sedangkan rute panjang jarak tempuh antara 4-6 jam dengan harga Rp700 ribu. Serta paket ekstrim menyusuri hutan pinus seharian.

Salah satu spot foto di rute offroad hutan pinus. (Dok. TIS)

“Paket yang paling diminati paket ketiga, setiap Sabtu dan Minggu sudah pasti ada yang booking, ada juga yang dari perusahaan dan bank. Jika pemesannya banyak, kami juga punya club yang total memiliki 70 armada jeep,” ujar Melkey.

Karakteristik track offroadnya sendiri di jamin seru. Mulanya jeep masuk menyusuri hutan dengan jalur yang tepat dengan badan mobil saja, lalu bertemu dengan tanjakan tujuh. Tanjakan dengan seperti angka tujuh. Setelah melintas tanjakan 7, lalu mobil melintas dengan track miring, yang membuat anda sudah pasti berpegangan erat.

Ada juga tanjakan patriot yang memiliki sudut kemiringan 45 derajat. Tidak hanya itu, saja, anda harus pasrah kepada driver off road , sebab Turunan Pasrah siap dilibas mobil. Disebut turunan pasrah, karena jika musim hujan sudah pasti licih dan harus pasrah.

“Waktu terbaik bisa kapan saja. Tetapi jika yang ingin memacu adrenaline lebih tinggi lagi datang pada saat musim penghujan. Sensasinya semakin luar biasa, karena tracknya semakin licin semakin menantiang terlebih di turunan pasrah, saya saja sampai drodog (deg-degkan),” ucapnya.

Melkey berharap, ke depannya jeep-jeep tidak perlu mengundang dari tempat lain. Pemuda-pemuda desa di sini bisa mengambil jeep sendiri. “Caranya. bila gak punya uang bisa utang ke bank. syukur-syukur pemerintah mau memfasilitasi supaya pemuda dan masyarakat di sini bisa lebih mandiri,” pungkasnya.

Rimbono Homestay (SHNet/stevani elisabeth)

Tak hanya paketan Jeep, Rimbono Homestay menawarkan tempat menginap yang menyenangkan. Terdapat 55 Kepala Keluarga yang mempunyai homestay di sini, harganya tergantung penawaran ke tuan rumah masing-masing. Rimbono Homestay sendiri mempunyai 10 kamar dengan kisaran harga Rp250 – Rp300 ribu/malam. (Stevani Elisabeth)