Presiden Jamin Tempat Untuk Modal Austria

Presiden Jamin Tempat Untuk Modal Austria

Wina, 18 November 1972 – Presiden Soeharto menjamin tempat bagi modal Austria dalam kegiatan ekonomi di Indonesia sekarang ini.

Dalam pertemuannya dengan pengusaha Austria hari Jum’at petang di Wina, Presiden Soeharto menambahkan, bahwa kesempatan baru dan luas kini tengah menanti usaha Austria di Indonesia, baik untuk dalam bidang investasi maupun dalam bidang perdagangan.

Lalu lintas perdagangan antara kedua negara kita yang hingga kini baru meliputi US$ 5 juta, kiranya masih dapat diperluas, demikian Presiden.

Presiden Soeharto mengemukakan, bahwa kesempatan untuk menanamkan modal di Indonesia masih terbuka luas. Malahan dewasa ini, demikian Presiden, prosedur penanaman modal itu sedang disempurnakan dengan tujuan untuk memperlancar pelaskanaan penanaman modal di negeri itu dalam rangkaian proses besar untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Austria berhasrat
Sementara itu, Presiden Austria Franz Jonas menegaskan hari Jum’at hasrat pemerintahnya untuk lebih mempererat hubungan dan kerjasama dengan Indonesia dipelbagai bidang.

Dalam kesempatan tanya-jawab dengan wartawan Indonesia yang mengikuti perjalanan Presiden Soeharto, Presiden Jonas mengatakan, bahwa Austria yang keadaan ekonominya sekarang ini mencapai tingkat yang paling baik yang pernah dialaminya bersedia memberikan bantuan, baik berupa kredit maupun dengan mendorong para usahawan swasta Austria.

Austria dalam jumlah yang terbatas dapat pula memberikan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia dan kesempatan lain untuk ahli Indonesia dibidang teknologi dan cabang ilmu pengetahuan lainnya, demikian kepala negara Austria itu.

Lebih jauh dikatakan, Austria membangun industrinya atas dasar prinsip memelihara mutu dan kecepatan. Dalam hal ini Austria dapat menawarkan kepada Indonesia hasil industrinya yang bermutu tinggi dan mempunyai ketepatan yang cermat yang dapat bersaing dengan negara lain.

Pers Austria sambut
Selain Presiden Austria Franz Jonas dan masyarakat Wina, pers Austria ternyata memberikan sambutan yang hangat bagi kunjungan Presiden Soeharto ke Austria.

Sebuah surat kabar menulis, bahwa kepala negara Indonesia kali ini adalah untuk bekerja. Di depan hotel Imperial tempat menginap Presiden Soeharto dan Nyonya selama di Wina tampak berkumpul orang Austria yang ingin melihat wajah Presiden Indonesia.

Mereka telah mendengar dan membaca tentang kepala negara Indonesia yang lama (Alm. Soekarno) yang sering mengunjungi Wina dari segi sensasionil. Presiden Soeharto sekarang menurut artikel di surat kabar hanya gemar bekerja keras dan serius.
Sebuah artikel lain dalam sebuah harian menulis, bahwa Presiden Soeharto gemar merokok kretek dan nonton film cowboy (SH/Ant)