Perbatasan Kalbar Bersih Dari PGRS/Paraku

Brigjen Sumadi :

Perbatasan Kalbar Bersih Dari PGRS/Paraku

Pontianak, 21 November 1972 – Laksus Pangkopkamtibda Kalimantan Barat Brigjen Drs. Soemadi menyatakan, bahwa sepanjang daerah perbatasan (Kalbar) sudah bersih dari gerombolan komunis PGRS/Paraku.

Kekuatan mereka sudah dapat dipatahkan dengan pengorbanan 195 prajurit gugur yang kerangkanya berserakan menghiasi makam pahlawan disepanjang perbatasan.

Demikian dikemukakan oleh Brigjen Soemadi ketika bertindak selaku Irup pada upacara penerimaan pelaporan kedatangan Batalyon 515/Brawijaya dan Satgas 42 Kopasanda, sekaligus peresmian Den Pur 02/Tanjung Pura dan pelantikan Letkol Soegondho sebagai Komandan Brigade Tempur Sektor Barat di halaman Skodam XII/Tdpr baru-baru ini.

Pada kesempatan itu Brigjen Soemadi mengemukakan tiga tugas penting yang harus dilaksanakan di daerah perbatasan, yaitu mempertahankan garis batas terhadap infiltrasi komunis dari Serawak, meningkatkan kerjasama yang sebaik-baiknya dengan Malaysia dan meningkatkan pembinaan wilayah.

Mengenai hasil yang dicapai selama ini antara lain dikatakan bahwa dengan penuh ketekunan dan usaha yang maksimal, pasukan kita berhasil memisahkan antara musuh dengan rakyat dan membina mereka kearah kesadaran bernegara. (SH/Ant)