Penyerahan Irbar

Penyerahan Irbar

PBB Beri Persetujuan terakhir

Jakarta, 8 November 1963 – Majelis umum PBB hari Rabu telah memberi persetujaun terakhir atas penyerahan Irian Barat kepada Indonesia, demikian Associated Press mengabarkan dari PBB.

Penyerahan wilayah Irian Barat dari tangan PBB (UNTEA) kepada RI telah dilakukan dengan resmi pada tanggal 1 Mei yang lalu.
menurut AP, delegasi Belanda, Indonesia dan Amerika Serikat telah tampil kedepan dalam sidang MU-PBB itu untuk memuji usaha Sekjen PBB U Thant dan wakil istimewanya Ellsworth Bunker dari AS, wakil pemerintah Belanda dan Indonesia dalam perundingan mengenai Irian Barat dan pembesar PBB yang telah menyelenggarakan penyerahan wilayah tersebut kepada RI.

Wakil tetap RI di PBB, Lambertus Nicodemus Palar hari Rabu menyatakan dihadapan sidang Majelis Umum PBB bahwa kembalinya Irian Barat kedalam lingkungan kehidupan nasional telah menimbulkan antusiasme yang besar dihati rakyat Indonesia.

Palar mengemukakan bahwa pengalaman PBB di Irian Barat memberi petunjuk akan peranan besar yang diharapkan bisa dipenuhi oleh PBB dalam pelaksanaan tahap terakhir dari dekolonisasi dengan jalan membantu wilayah yang masih tergantung menjadi negara yang merdeka. (Ant)