Mensos Mewisuda Keluarga Penerima Manfaat

Mensos Mewisuda Keluarga Penerima Manfaat

 

SHNet, Solo – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam kunjungan kerja ke Sragen, Solo, Rabu (8/11),
mewisuda keluarga penerima manfaat yang telah mandiri.

Terdapat tujuh orang yang telah dinyatakan lulus dari program ini dan tidak lagi menerima bansos PKH.

Mereka adalah Sri Wahyuni yang kini telah memiliki usaha produksi batik, Rusminarsih yang kini memiliki usaha batik dan ternak kambing, Sumiarsih yang berjualan obat dan vitamin ternak, dan Suminah yang kini sukses menjalankan bisnis warung kelontong.

Kemudian Rinawati pemilik usaha air galon dan elpiji, Muji yang kini sukses menjadi pembuat minyak cendana, dan Suparti pemilik restoran bakso dan mie ayam.

“Dulu saya buruh membatik. Lalu dapat bantuan PKH. Alhamdulillah perlahan bisa nabung sedikit-sedikit untuk mencukupi keperluan keluarga dan usaha,” kata Rusminarsih.

Ibu tiga anak ini mengatakan salah satu faktor yang mendorong ia keluar dari kemiskinan adalah bimbingan dan motivasi dari Pendamping PKH.

“Pendamping PKH di tempat saya namanya Mba Hesti yang selalu memberi motivasi dan menyemangati. Alhamdulillah Bu Menteri, saya sudah nggak miskin lagi,” tambahnya.

Di hadapan para KPM PKH, Rusminarsih mengajak agar terus maju dan berjuang untuk masa depan keluarga dan anak-anak. Dengan usaha yang serius, tekun dan doa maka suatu saat KPM akan dapat terlepas dari kemiskinan.

“Kita harus malu menjadi miskin. Maka kita harus berjuang untuk mengubah nasib,” ujarnya bersemangat disambut tepuk tengan ratusan KPM.

Usai meninjau pencairan PKH, Mensos menuju ke resepsi pernikahan Kahiyang. Sepanjang jalan menuju lokasi resepsi yang ditempuh dengan jalan kaki sekira 150 meter, perempuan nomor satu di Kementerian Sosial ini mendapat sapaan dari warga sekitar.

Saat mendapati sang menteri berjalan tanpa pengawalan, warga mendekat dan mengajak berfoto bersama. Suasana riuh dan ramai saat Mensos dengan sabar melayani setiap warga yang berdesakan ingin berfoto bersama.

Demikian pula saat Mensos berada dalam antrean tamu yang akan memasuki lokasi resepsi, Mensos diserbu tamu undangan untuk berswafoto.

“Alhamdulillah bisa bertemu langsung dengan Ibu Khofifah. Semoga sehat selalu ya bu. Sukses memimpin Kementerian Sosial,” ujar seorang warga, Adinda usai berfoto dengan Khofifah. (Stevani Elisabeth)