Mensos: Guru Harus Bisa Jadi Pemandu Kids Jaman Now

Mensos: Guru Harus Bisa Jadi Pemandu Kids Jaman Now

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak guru untuk menjadi pandu bagi generasi muda saat ini atau kidsjaman now. (Dok.Humas Kemensos)

SHNet, Surabaya- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, guru harus bisa menjadi pemandi bagi anak muda generasi masa kini atau istilah yang tren saat ini kids jaman now.

“Yang senior terutama guru harus bisa memangkas jarak dengan anak muda agar bisa menurunkan nilai kepahlawanan dan keperjuangan kepada kids jaman now,” kata Khofifah saat menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Pendidikan di Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Sabtu (11/11).

Ia mengatakan perjuangan di masa kini, bisa ditempuh dengan berbagai pendekatan. Salah satunya yang ia dorong adalah pendekatan Estetik Heroik.

“Kita angkat budaya karena budaya itu tingkat penerimaannya betul-betul borderless?. Coba lihat budaya Korea yang masuk ke Indonesia. Mulai gaya rambutnya, filmnya, koreografi tarinya, gaya berpakaiannya, semua menjadi trend di pelosok wilayan Indonesia dan dunia. Kita juga bisa menggunakan pendekatan budaya untuk meningkatkan daya saing dan persatuan,” kata Khofifah.

Dia menambahkan, dengan kondisi zaman yang berubah pesat, perlu dicari format baru yang dapat menjadi perekat dan penguat persatuan anak muda zaman sekarang.

“Untuk itu para guru dan pendidik, perlu menggali lebih jauh budaya-budaya lokal untuk kemudian dikemas secara estetik agar anak muda ini memiliki rasa memiliki dan kebanggaan terhadap kekayaan negerinya sendiri. Maka yang namanya kids zaman now bukan mereka yang mengagungkan budaya luar, namun berarti anak-anak muda yang menghargai nilai-nilai budayanya sendiri, menjunjung tinggi dan merawatnya demi keutuhan bangsanya sendiri,” kata Khofifah. (Stevani Elisabeth)