Mantan Petinggi Pertamina Yang Korupsi Masuk Dalam Pencarian Orang

Mantan Petinggi Pertamina Yang Korupsi Masuk Dalam Pencarian Orang

 

SHNet, Jakarta – Bareskrim Mabes Polri kini telah mengeluarkan status daftar pencarian orang (DPO) terhadap Gathot Harsono, mantan senior vice president PT Pertamina (Persero) yang diduga menggelapkan aset perusahan yang kini telah melarikan diri. Tidak itu saja, namin juga telah menerbitkan surat pencekalan terhadapnya.

“Sudah kami cekal,” ucap Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri Kombes Pol Indarto, Selasa (14/11/2017).

Indrato menyampaikan, Gathot diketahui masih berada di Indonesia. Polisi juga telah memasukan Gathot dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Sudah kami panggil tetapi tidak datang dan kabur dan sudah syaa keluarkan DPO-nya,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Berkas perkara dugaan korupsi tersangka Gathot telah dinyatakan lengkap (P21) sejak pekan lalu. Setelah itu, penyidik Polri berkewajiban untuk menyerahkan tersangka berikut barang buktinya.

Akan tetapi, Gathot sendiri dinyatakan melarikan diri. Polisi pun telah mengimbau kepada tersangka untuk menyerahkan diri.

“Bagi yang tahu agar menginformasikan ke kami. Bagi para pihak yang membantu menyembunyikan tersangka akan dikenakan pidana, siapapun juga,” tambahnya.

Gathot yang merupakan mantan Senior Vice President (SVP) PT Pertamina itu diduga menggelapkan aset berupa lahan seluas 1.088 meter persegi di Simprug tahun 2011. Atas hal ini, kerugian negara ditaksir mencapai Rp 40,9 miliar. (MH)