Kroasia Semakin Dekat Lolos ke Rusia

Kroasia Semakin Dekat Lolos ke Rusia

fifa.com

SHNet, Zagreb – Kroasia semakin dekat untuk lolos ke putaran final di Rusia usai membantai Yunani 4-1 dalam leg pertama play-off zona Eropa, Jumat (10/11) dinihari WIB. Sejauh ini penampilan tim asuhan Zlatko Dalic itu merupakan yang paling impresif di babak penyisihan Piala Dunia 2018.

Zlatco Dalic yang baru menjalani dua laga bersama Vatreni mengaku sangat senang dengan hasil yang diraih timnya namun tetap mengingatkan pasukannya untuk fokus.

“”Kami harus membuang jauh-jauh rasa puas dengan segera dan menuju ke Athena seolah-olah skornya adalah 0-0,” kata Dalic, yang mengambil alih posisi Ante Cacic setelah Kroasia terjungkal dari posisi pertama hingga ke urutan ketiga dalam grup kualifikasi, mengatakan kepada HRT.

“Ide dasarnya adalah menyerang dari kedua sisi sayap dan strategi ini berhasil. Saya tidak senang dengan gol yang membuat kami kemasukan tapi pada akhirnya itu hasil yang sangat bagus, “tambah Dalic.

Penyerang AC Milan, Nikola Kalinic, yang menggantikan peran Mario Mandzukic yang tengah cedera, mendapatkan penalti untuk gol pembuka Kroasia yang dicetak oleh kapten Luka Modric kemudian mencetak gol kedua dengan sentuhan mematikan sehingga membawa tuan rumah unggul 2-0 di Stadion Maksimir.

Tapi Yunani sempat membalas melalui Sokratis Papastathopoulos sebelum sundulan jarak dekat Ivan Perisic menutup babak pertama dengan skor 3-1 memanfaatkan umpan silang cantik bek kanan Sime Vrsaljko.

Andrej Kramaric mencetak gol keempat Kroasia empat menit setelah turun minum, menyodok bola dari jarak dua meter setelah Vrsaljko berhasil memotong back-pass pemain lawan.

“Formasi yang sangat berani ini terbayar dengan menempatkan Modric di posisi yang lebih menyerang dan full-back melakukan overlaping untuk menekan dari sayap,” jelas Dalic.

Penampilan kiper Danijel Subasic juga membantu Kroasia menyimpan kemenangan besar di Athena setelah berhasil melakukan penyelamatan gemilang menahan sundulan Mitroglou di menit 89.

Di laga play-off lainnya Swiss yang melawat ke Windsor Park berhasil mempecundangi tuan rumah Irlandia Utara lewat penalti Ricardo Rodriguez di menit 58.(GP)

Susunan pemain:

Kroasia: Danijel Subasic, Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic, Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic, Andrej Kramaric (Blasic, m.82), Luka Modric (Pasalic, m.89), Ivan Perisic, Nikola Kalinic (Ante Rebic, m.76).

Yunani: Orestis Karnezis, Ioannis Maniatis (Panagiotis Retsos, m.46), Kyriakos Papadopoulos, Sokratis Papastathopoulos, Giorgos Tzavellas, Andreas Samaris (Panagiotis Tachtsidis, m.62), Alexandros Tziolis, Zeca, Konstantinos Fortounis, Konstantinos Stafylidis (Anastasios Bakesetas, m.71), Konstantinos Mitroglou.