Kroasia dan Swiss Pastikan Diri Lolos ke Rusia

Kroasia dan Swiss Pastikan Diri Lolos ke Rusia

fifa.com

SHNet, Athena – Kroasia merebut satu tempat di Piala Dunia tahun depan setelah menahan imbang tanpa gol tuan rumah Yunani, Senin (13/11) dinihari WIB, untuk melengkapi kemenangan agregat 4-1 dalam pertandingan play-off mereka.

Usai melakukan kerja keras empat hari yang lalu lewat kemenangan di leg pertama di Zagreb, tim Zlatko Dalic menyelesaikan tugas mereka dengan nyaman meski tim Yunani bermain jauh lebih baik, dengan mencoba bermain menyerang.

Pelatih Yunani, Micahel Skibbe merombak squadnya, membuat enam perubahan setelah penampilan buruk mereka di leg pertama, tiga di antaranya pemain bertahan yakni Giannis Maniatis, Giorgos Tzavellas, dan Kyriakos Papadopoulos yang digantikan oleh kapten Vasilis Torosidis, Kostas Manolas dan Panagiotis Retsos.

Namun meski sejumlah usaha serangan dibangun oleh tim tuan rumah tidak satu pun peluang yang membahayakan gawang Danijel Subasic, bahkan Kroasia memiliki peluang emas saat sepakan Ivan Perisic menghantam tiang gawang di babak pertama yang menunjukkan bahwa squad Dalic memang memenuhi syarat untuk lolos ke Rusia.

Kemenangan ini semakin menunjukkan jati diri Kroasia yang tidak pernah kalah dalam pertandingan play-off turnamen besar dalam lima kesempatan yang mereka ikuti.

Sementara itu di partai play-off lainnya, Swiss menyusul Kroasia sebagai salah satu tim peserta putaran final Piala Dunia dari zona Eropa. Bermain di kandang sendiri Granit Xhaka dan kawan-kawan menahan imbang pasukan Michael O’Neil 0-0 dan melaju ke Rusia berbekal kemenangan 0-1 di leg pertama. (GP)