Firefox Quantum Memberikan Kinerja Lebih Cepat, serta Penggunaan RAM yang Lebih Rendah

Firefox Quantum Memberikan Kinerja Lebih Cepat, serta Penggunaan RAM yang Lebih Rendah

Ilustrasi / ist

SHNet, Mountain View – Peramban web lintas platform gratis, Mozilla, dalam beberapa tahun belakangan ini berjuang keras melawan eksistensi Google Chrome. Keberadaan Firefox pada pasar browser telah menyusut secara dramatis, dimana posisi yang dulu dominan dikunyah para pesaingnya menjadi minoritas. Semua versi Firefox saat ini memiliki pangsa pasar 9,1 persen, di bawah IE + Edge dan Safari. Tapi kini, Mozilla telah meluncurkan versi baru dari browser web mereka yang mereka harapkan akan meremajakan usaha mereka di bidang ini, yakni Firefox Quantum.

Humas Mozilla mengklaim bahwa Firefox Quantum dua kali lebih cepat dari Firefox yang diluncurkan enam bulan yang lalu, dibangun dengan teknologi baru untuk menjalankan mesin native 64-bit, menggunakan RAM 30 persen lebih sedikit dibanding kompetitornya, yakni Chrome. Semuanya dari UI (user interface) dengan nama photon ke mesin browser yang mendasari (Servo) telah dibangun baru, dari bawah ke atas. Mesin baru telah diparalelkan dan harus jauh lebih cepat, dan Mozilla yakin dapat menggunakan mesin Servo barunya untuk memungkinkan kemampuan seperti dukungan mixed-reality yang jauh lebih mudah daripada yang mungkin terjadi di versi lama.

Menurut sebuah posting blog, perombakan jangka panjang Mozilla mengubah atau menambahkan lebih dari 11 juta baris kode, meskipun tidak jelas apakah “berubah” termasuk juga “dihapus”. Perusahaan mengatakan 369 bug terkait kinerja dan daya tanggap telah diperbaiki, bersamaan dengan 1.190 bug perangkat lunak “yang terkait dengan pengalaman berselancar di dunia maya penggunanya.”

Dalam situsnya Mozilla mengklaim bahwa peramban andalannya ini 30% lebih ringan daripada Chrome, dan memiliki antarmuka yang lebih halus saat berselancar di dalamnya, dengan membuka bergantian 10 sampai 100 tab lebih cepat. (HNP)