Dramatis, Marquez Rebut Gelar Juara Dunia MotoGP ke-4

Dramatis, Marquez Rebut Gelar Juara Dunia MotoGP ke-4

Dovizioso Akhirnya Terjatuh di Lap 24

Marc Marquez / motosrsport.com

SHNet, Valencia – Dani Pedrosa berhasil menyalip Johan Zarco di lap terakhir untuk menjadi juara di sirkuit Gran Premio Motul de la Comunitat Valenciana, tapi Marc Marquez yang menjadi sorotan dalam balapan tersebut setelah sukses merebut gelar juara dunianya yang keempat di gelaran terakhir MotoGP, Minggu (12/11).

Rival Marquez dalam perebutan gelar juara dunia, Andrea Dovizioso sedikit kurang beruntung karena terjatuh di lap ke-24 meski sudah berada di depan The Baby Alien.

Tim Repsol Honda melakukan kerjasama dan strategi yang apik dalam balapan kali ini dengan langsung menempatkan dua pebalapnya di depan saat lomba baru saja dimulai. Marc Marquez yang menempati start terdepan langsung melaju liar diikuti Pedrosa yang diplot sebagai wing-man serta Iannone di tempat ketiga, sementara pebalap muda asal Prancis dari Monster Yamaha Tech 3 menguntit di belakang mereka.

Namun di lap kedua Zarco melakukan aksi brilian dengan merebut tempat pertama dengan melibas tiga pebalap di depannya, sementara Iannone tercecer di posisi 4 dan di lap berikutnya membiarkan duo Ducati, Jorge Lorenzo dan Dovizioso mengambil posisinya. Posisi ini bertahan hingga lap 23.

Desmodovi yang sangat membutuhkan podium pertama untuk menjaga peluangnya menjadi juara dunia berusaha menyalip beberapa kali rekan setimnya namun seperti tidak diberikan celah oleh Lorenzo. Sportifitas dan kesetiaan pebalap Spanyol ini kembali dipertanyakan, alih-alih mengejar Pedrosa yang berada di posisi ke-3, Lorenzo malah menghambat rekan setimnya sendiri.

Bahkan di lap ke-19 tim Ducati sudah memberi instruksi kepada Lorenzo untuk memberi jalan bagi Dovizioso yang beberapa kali terlihat harus melakukan pengereman untuk melewati Lorenzo dan pastinya berpengaruh pada performa ban motornya di lap-lap selanjutnya.

Hal tersebut terbukti di lap 23 yang menjadi titik dramatis balapan ini saat Marquez memperoleh pertolongan Dewi Fortuna. Bermaksud menyalip Zarco, Marquez malah melebar dan hampir terjatuh namun pebalap berusia 24 tahun itu berhasil menjaga keseimbangannya dan mampu melanjutkan balapan meski harus tercecer di posisi 5 di belakang Dovizioso. Sementara itu Lorenzo memacu motornya berusaha mengejar Pedrosa yang mulai berusaha menekan Zarco di depan.

Kebodohan Lorenzo berakibat fatal bagi timnya sendiri karena di lap berikutnya dua motor Desmosedici Ducati harus slip dan keluar dari balapan. Sementara di sisi lain ini merupakan berkah bagi Marquez yang setidaknya masih mampu naik podium ketiga. (HNP)