Direktur Poldagri : Perlu Stabilitas Politik untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Direktur Poldagri : Perlu Stabilitas Politik untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ilustrasi/SHNet/Tutut Herlina

SHNet, Raja Ampat – Stabilitas politik adalah pondasi untuk pembangunan suatu negara di berbagai bidang. Tanpa stabilitas politik, niscaya pembangunan dapat dilaksanakan. Jikapun pembangunan itu dapat terlaksana, geraknya akan sangat lamban.

Melihat betapa pentingnya stabilitas politik bagi pembangunan kenegaraan, Direktur Politik Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar mengatakan, pemerintah menginginkan stabilitas politik dalam negeri bisa terjaga. Dengan demikina, hal ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Stabilitas politik ini juga perlu untuk memelihara kebhinekaan Indonesia,” ujarnya saat berbicara di Forum Komunikasi Sosial Politik Dalam Rangka Menciptakan Stabilitas Politik Dalam Negeri, di Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (10/11).

Direktur Poldagri Bahtiar (kanan) di Raja Ampat, Jumat (10/11). (Foto : Ist)
Menurut Bahtiar, stabilitas politik dalam negeri bisa diciptakan dengan cara melakukan deteksi dini terhadap persoalan yang berpotensi besar mengganggu kestabilan. Namun, deteksi dini akan maksimal jika ada komunikasi yang erat antara tokoh masyarakat, agama, partai politik, dan media massa.

“Kompleksitas masalah yang dihadapi bangsa Indonesia di bidang Politik Dalam Negeri mendorong kita untuk mengajukan satu pertanyaan mendasar, sudah siapkah bangsa ini membangun landasan yang kokoh sebagai basis bagi terwujudnya demokrasi yang berkelanjutan di Indonesia?,” katanya.

Dalam kesempatan itu Bahtiar menambahkan, semua pihak harus terlibat dalam memberikan kontribusi positif guna menjaga stabilitas ketertiban dan keamanan menjelang Pemilu Serentak 2019. “Pemilu harus terbebas dari muatan SARA dan sentimen agama sehingga pemilu serentak ke depan bisa berjalan sukses tanpa ekses,” katanya. (TH)