China Tempatkan Pejabat Partai Di Universitas yang Didanai Asing

China Tempatkan Pejabat Partai Di Universitas yang Didanai Asing

Tentara China sedang memberikan penghormatan kepada bendera Partai Komunis China/Ilustrasi/Ist

SHNet, Jakarta – Partai Komunis China (PKC) telah memerintahkan universitas-universitas di China yang didanai asing memberikan kekuasaan pada pejabat partai dalam pengambilan putusan. Meski sebelumnya pemerintah China menjamin kebebasan akademis, kebijakan Presiden Xi Jinping memperkuat kontrol politik di semua tingkat pendidikan membuat hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

Seperti dilansir Financial Times, saat ini ada sekitar 2.000 usaha patungan di bidang pendidikan antara universitas China dan pihak luar negeri yang didirikan sejak 2003, ketika mereka pertama kali diizinkan.

Salah satu contohnya adalah New York University Shanghai dan University of Nottingham Ningbo yang memiliki kampus sendiri. Ada juga kolaborasi Universitas Pittsburgh dengan Universitas Jiao Tong Shanghai yang membuka institut di dalam sebuah kampus di China.

Menurut arahan dari kementerian pendidikan, sekretaris partai di setiap usaha patungan pendidikan akan diberikan status wakil rektor dan jabatan di dewan pengawas. Instruksi tersebut disusun oleh Departemen Organisasi partai, yang mengawasi penunjukan jabatan puncak dan jabatan pemerintah.

“Ini mengubah sifat permainan dan memiliki potensi yang tidak menyenangkan untuk kebebasan akademis,” kata seseorang. Jeffrey Lehman, wakil rektor Universitas New York Shanghai mengatakan bahwa Yu Lizhong, rektor universitas tersebut, sudah menjabat sebagai sekretaris partai.

Meski demikian, Yu yang telah menjabat sebagai ketua dewan sejak awal dan tidak pernah mencampuri urusan kebebasan akademik. “Sejak awal, kami yakin bahwa NYUSH akan beroperasi dengan kebebasan akademis. Janji itu telah disimpan selama empat tahun terakhir, “kata Lehman.

Sejak Xi menjabat pada 2012, dia telah mengawasi secara ketat institusi pendidikan China dan memperkenalkan kembali kurikulum ideologis di dalam universitas. (TH)