Blogger India: Bali Tetap Asyik untuk Dikunjungi!

Blogger India: Bali Tetap Asyik untuk Dikunjungi!

Sejumlah blogger asal India yang “diajak” mengunjungi Pulau Dewata usai menikmati pemandangan bawah laut di kawasan Crystal Bay, di Nusa Penida, Bali. [SHNet/Ist]

SHNet, Bali – Sejumlah blogger yang “diajak” mengunjungi Pulau Dewata, tampak antusias dalam aktivitas melancong mereka. Selain sibuk mengambil foto dengan gawai dan kamera, mereka juga sibuk mengunggah secara live foto-foto dan kesan terhadap Bali melalui media sosial mereka.

“Ini kunjungan saya yang kedua, wow… Bali tetap indah dan sangat menarik untuk menjadi tujuan wisata,” ujar Manjulika P Sehgal, blogger yang memiliki sejumlah akun media sosial, serta laman www.manjulikapramod.com.

Manjulika terdengar berseru gembira setiap kali unggahan tentang kegiatannya di Bali mendapat tanggapan dari rekan-rekan di akun media sosialnya.

“Bali sungguh menarik, banyak hal indah di sini,” katanya berkali-kali.

Menurutnya, meskipun Bali dan India sama-sama menganut agama Hindu, namun karakter masyarakat penganut Hindu di Bali menurutnya sangat berbeda.

“Kami mungkin memiliki agama yang relatif sama, tapi di sini kultur dan masyarakatnya sangat berbeda, sangat unik dan menarik,” kata Manjulika saat rombongan blogger kami berada di kawasan Sanur, menunggu saat menyeberang ke Nusa Penida.

Swati Jain, blogger yang banyak menulis tentang Yoga mengatakan hal yang tak jauh berbeda dengan yang dituturkan Manjulika. Sesudah menikmati pemandangan bawah laut di kawasan Nusa Penida, dengan bersemangat beberapa kali dirinya mengatakan bakal kembali ke Bali untuk melanjutkan penjelajahannya.

“Indah sekali, saya akan kembali ke sini, saya pasti akan kembali ke sini,” ujarnya dengan mata berbinar-binar.

Pernyataan ingin kembali ke Bali juga diungkapkan anggota rombongan blogger yang lain. Mereka menyatakan sangat mengagumi keindahan dan keunikan Pulau Dewata. Para blogger ini antara lain adalah Johann Kuruvilla dari www.escapinglife.com dan Dipanshu Goyal dari www.duniadekho.in, serta jurnalis dari media cetak dan online di India, yakni Junais K dari www.madhyamam.com, AL Palaniswamy dari KSL Media Limited, Aneesh Kumar dari Malaya Manorama, dan C Jaykishan dari Mathrubhumi, salah satu harian nasional yang cukup besar di India.

Dipanshu Goyal, salah satu blogger, malah memutuskan untuk memperpanjang waktu tinggal di Bali. Menurut Dipanshu, dirinya tidak ikut rombongan kembali ke India karena masih ingin berlama-lama menikmati Bali, terutama Pantai Sanur dan Pantai Kuta.

“Saya masih akan mengunjungi sejumlah tempat di Sanur dan beberapa tempat lainnya,” ujarnya.

Seperti halnya blogger lain dalam rombongan kami, sepanjang aktivitas melancong kami, Dipanshu terlihat sibuk mengabadikan foto-foto, mulai dari pemandangan alam, landscape tempat menginap, hingga kuliner di tempat-tempat yang kami kunjungi. (whm)