Bedah Menoreh, Cara Kulonprogo Jaring Wisatawan

Bedah Menoreh, Cara Kulonprogo Jaring Wisatawan

 

SHNet, Yogyakarta – Kabupaten Kulonprogo merupakan salah satu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta tengah berupaya menjaring
wisatawan.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah setempat adalah program bedah Menoreh. “Bedah Menoreh merupakan program Pemda untuk membangun jembatan transportasi berupa pembangunan jalan sepanjang 60
Km,” ujar Wakil Bupati Kulonprogo H Sutejo kepada wartawan, Jumat (3/11).

Menurutnya, akses tersebut nantinya akan memudahkan wisatawan khususnya wisatawan mancanegara (wisman) menuju Candi Borobudur.

Tidak hanya Candi Borobudur, dengan adanya bedah Menoreh ini, wisatawan juga dapat mengunjungi obyek – obyek wisata yang ada di daerah tersebut.

“Di daerah ini ada 40 obyek wisata mulai dari obyek wisata pantai, Gunung, goa, budaya, kuliner, religi dan sebagainya. Salah satu yang terkenal adalah Kalibiru, hutan manggrove dan sebagainya, ” kata Sutejo.

Bedah Menoreh dimulai 2016 dan pembangunan jalan baru selesai 6 Km. Pada 2017 tambah 3 Km lagi. Program ini masuk dalam RPJMD 2017-2022.

Dengan adanya program bedah bedah Menoreh dan Bandara Baru Yogyakarta yang ditargetkan beroperasi pada 2019, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kulonprogo.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo Kris Sutanto, kunjungan wisatawan ke Kulonprogo pada 2016 ada 111.000 orang.

Tahun 2017 ditargetkan ada 300. 000 wisatawan ke Kulonprogo. (Stevani Elisabeth)